Cara Mencegah Penyakit Alzheimer

Dokter Sehat – Penyakit alzheimer bukanlah penyakit keturunan, namun saat ini banyak orang yang mengkhawatirkan penyakit yang berbahaya ini. Dampak yang ditimbulkannya adalah penurunan fungsi otak dalam kehidupan sehari-hari, dan yang paling parah adalah menyebabkan gangguan jiwa dan kematian. Dahulu kala penyakit alzheimer hanya menyerang orang dewasa, namun penelitian belakangan mengatkaan bahwa penyakit alzheimer juga menyerang anak muda.



Langkah untuk mencegah Alzheimer :

1. Olahraga dan latihan fisik
Cara efisien untuk mengurangi risiko Alzheimer adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, meskipun sederhana, memulai dan mempertahankan program olahraga secara teratur dan sistematis merupakan salah satu langkah terberat yang bisa dilakukan seseorang. Berolahraga memiliki banyak keuntungan seperti meningkatkan kekuatan jantung dalam memompa darah, meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi berat badan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

2. Diet sehat
Cara lain untuk mencegah Alzheimer adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, hanya saja belum ada penelitian yang secara konklusif menemukan hubungan antara jenis makanan tertentu yang ampuh mencegah Alzheimer. Namun demikian, mengkonsumsi makanan sehat tetap penting terutama yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan sel saraf. Beberapa makanan yang dianjurkan diantaranya adalah sayuran dan buah-buahan berwarna gelap seperti terong, paprika merah, bayam, brokoli, anggur, dan ceri. Makanan tersebut mengandung banyak antioksidan yang melindungi otak dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan neuron, makanan lain yang juga dianjurkan adalah ikan karena mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi sel-sel otak.

3. Latihan kognitif
Latihan kognitif berguna untuk meningkatkan dan menjaga kemampuan memori otak, latihan kognitif mencakup semua aktivitas untuk melatih penalaran dan kemampuan mental. Berbagai contoh latihan kognitif diantaranya adalah membaca, terlibat dalam pengambilan keputusan, bermain catur, permainan strategis, menghafal, memecahkan masalah, menulis lagu, belajar musik, dan belajar bahasa baru. Semua aktivitas ini berfungsi meningkatkan keterampilan mental dan menjaga sel-sel saraf otak tetap terjaga dan waspada, alzheimer adalah penyakit yang umum menyerang orang pada usia lanjut. Meski demikian, langkah pencegahan harus dimulai sejak jauh-jauh hari. Tetap aktif secara fisik dan intelektual yang disertai konsumsi makanan sehat, dipercaya mampu menjauhkan seseorang dari Alzheimer.