Macam-macam Penyebab dan Cara Mencegah Jerawat

DokterSehat.Com – Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit wajah yang kerap mengintai remaja dan mereka yang berusia 20 tahunan. Benjolan pada kulit wajah yang bisa disertai dengan keluarnya isi jerawat dan jika dipencet terasa sakit ini bisa menyebabkan rasa rendah diri karena tampilan fisik yang kurang baik. Bagaimanakah cara menjaga kulit wajah kita agar tetap bersih dari gangguan jerawat?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Utamakan Kebersihan Wajah
Jerawat sering kali dikaitkan dengan kebersihan wajah. Jika anda adalah orang yang cenderung aktif dan sering melakukan kegiatan di luar ruangan dimana banyak debu, kotoran, atau bahkan polusi bisa menempel di kulit wajah, maka anda harus membersihkan wajah dengan baik, khususnya menjelang waktu tidur atau saat mandi. Bersihkan dengan sabun yang mampu membuat berbagai kotoran, lapisan minyak berlebih, atau sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat hilang. Sabun yang memiliki pelembab akan jauh lebih direkomendasikan sehingga kulit tidak akan kehilangan kelembabannya. Selain itu, kita bisa menggunakan air hangat yang bisa menjaga kesehatan kulit wajah.

Rambut & Make Up Sebagai Penyebab Jerawat
Kadang kala, jerawat di dahi ternyata disebabkan oleh kotoran yang berasal dari rambut yang panjang dan jarang dibersihkan. Kotoran yang berasal dari rambut atau kandungan bahan kimia pembersih rambut yang tidak dibersihkan dengan benar bisa membuat iritasi pada kulit wajah dan menyebabkan jerawat. Jangan lupa membersihkan rambut dengan shampoo dan kondisioner yang baik dan jika perlu, kita bisa mengikat rambut atau memangkasnya menjadi lebih pendek. Selain rambut, penggunaan make-up yang berlebihan namun tidak dibersihkan dengan benar sebelum tidur ternyata juga bisa menjadi penyebab jerawat. Gunakan make-up seperlunya saja dan carilah make-up dengan bahan dasar air agar resiko mendapatkan jerawat semakin berkurang.

Baca Juga:  Amankah Menindik Telinga Bayi?

Waspadai Tangan Sebagai Sumber Kuman
Tangan anda ternyata juga bisa menjadi penyebab utama jerawat. Khususnya jika tangan yang kotor tersebut sering dipakai untuk mengusap wajah atau sekadar menopang pipi. Bakteri dan kuman pada tangan yang kotor bisa membuat kulit menjadi meradang dan menyebabkan jerawat. Jagalah kebersihan tangan anda setelah digunakan untuk melakukan banyak hal dengan mencucinya memakai sabun hingga bersih.