Cara Mencegah dan Mengurangi Bau Badan yang Mengganggu

DokterSehat.Com – Penampilan adalah salah satu hal yang banyak diperhatikan oleh manusia modern. Bagaimana tidak, dengan penampilan yang baik, wajah yang berseri, dan juga bau yang wangi, maka kita bisa membuat orang lain menjadi nyaman untuk berbincang dengan kita. Banyak pakar bisnis yang menekankan tampilan yang baik sebagai salah satu kunci untuk mendapatkan deal bisnis. Sayangnya, banyak orang yang memiliki masalah dalam menjaga bau badannya, khususnya jika dalam kondisi siang hari dimana panas yang menyengat sehingga tubuh menjadi mudah berkeringat dan memproduksi bau yang tidak nyaman.

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Bau tubuh biasanya muncul dari area ketiak dimana banyak keringat yang muncul dan kelembaban bisa menjadi sangat tinggi. Biasanya, bau ketiak bisa dihilangkan dengan mandi dengan bersih dan memakai wewangian atau deodoran, sayangnya, banyak orang yang memiliki bau badan berlebihan sehingga deodoran dan parfum tidak lagi mempan untuk menahan bau badan tersebut untuk muncul.

Penyebab Bau Badan
Penyebab dari bau badan sendiri bisa bermacam-macam. Disamping masalah hormon yang membuat produksi bau badan alami bisa menjadi tidak normal, konsumsi beberapa makanan juga bisa mempengaruhi bau badan berlebihan pada ketiak. Sebagai contoh, bawang putih yang merupakan salah satu bahan masakan yang sangat sering dipakai pada masakan ternyata bisa menjadi penyebab bau ketiak. Bawang putih bisa mebuat pori-pori kulit mengeluarkan gas sulfur, khususnya area ketiak sehingga bau badan pun menjadi lebih menyengat. Daging yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa memicu produksi bau badan yang lebih tinggi.

Cara Mencegah dan Mengurangi Bau Badan
Jika anda memiliki kecenderungan bau badan yang berlebihan, konsumsi makanan-makanan tersebut tentu harus anda coba batasi sehingga produksi bau badan pun menjadi lebih berkurang. Disamping itu, anda tentu harus rajin-rajin membersihkan area ketiak agar dalam kondisi yang bersih sehingga bakteri yang bisa menambah bau badan menjadi tidak enak tidak tumbuh subur. Gunakan pula deodoran yang bisa menjaga kelembaban ketiak sehingga tidak mudah memproduksi bau badan yang berlebihan yang tentu akan sangat mengganggu.

Baca Juga:  Keringat bisa jadi antibiotik alami tubuh