Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika kasus obesitas cenderung mengalami peningkatan di seluruh dunia. Namun, ironisnya, ada banyak orang yang masih mengalami masalah kurang gizi atau bahkan kekurangan nafsu makan. Mereka yang susah makan akan beresiko tinggi mengalami defisiensi vitamin dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengatasinya, banyak dari mereka yang akhirnya mengkonsumsi obat atau suplemen penambah nafsu makan. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah suplemen penambah nafsu makan ini cukup efektif membuat selera makan kita meningkat?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika suplemen penambah nafsu makan ini ternyata tidak selalu berhasil merangsang nafsu makan bagi setiap orang. Alih-alih mengandalkan suplemen, pakar kesehatan justru menyarankan kita untuk memakai cara alami dalam menambah nafsu makan layaknya dengan mengubah pola makan. Sebagai contoh, banyak orang yang kekurangan nafsu makan akan cenderung melewatkan sarapan. Kita harus mengubah kebiasaan ini. Meskipun pada awalnya terasa kurang nyaman, dengan membiasakan sarapan kita bisa membuat tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk beraktifitas seharian. Selain itu, dengan energi yang tersedia, kita pun akan cenderung lebih aktif sehingga rasa lapar pun bisa muncul pada waktu makan lainnya. Untuk sarapan pagi, kita juga harus mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Cara alami meningkatkan nafsu makan berikutnya adalah mulai memilih menu yang sekiranya menarik dan bisa mengundang nafsu makan. Kita bisa saja mencari cara memasak menu makanan yang unik dan menarik di internet. Jika tidak, kini kita juga bisa mencari makanan di restoran atau warung yang sekiranya bisa mengundang nafsu makan kita. Hanya saja ingatlah bahwa kita tetap harus memastikan kadar gizi yang kita konsumsi tetap seimbang.

Baca Juga:  Tomat dapat mengobati penyakit Berbahaya

Ingin meningkatkan nafsu makan? Cobalah untuk berolahraga. Adanya kalori yang terbakar akan merangsang tubuh untuk mengkonsumsi makanan. Seringkali tubuh kita akan terasa lapar begitu selesai melakukan aktifitas fisik. Hal ini berarti, dengan rutin berolahraga, kita pun akan menambah nafsu makan kita dengan signifikan.