Cara Menahan Nafsu Seks yang Terlalu Tinggi

doktersehat-seks-penis-pasangan-testis

DokterSehat.Com – Nafsu seks atau libido bisa datang kapan saja tanpa bisa diketahui oleh banyak orang. Wanita kerap memiliki nafsu yang tinggi saat mengalami menstruasi. Dampaknya mereka tidak tahan sehingga kerap melakukan masturbasi. Hal senada juga dialami oleh pria yang sudah dewasa, karena belum menikah mereka akhirnya melakukan masturbasi dengan menyaksikan tayangan film biru.

Kalau Anda kerap memiliki nafsu seks yang tinggi dan tidak bisa melakukan apa selain menahannya, coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengendalikannya dengan baik.

1. Berolahraga secara rutin
Saat libido sedang tinggi, Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Saat tubuh berkeringat atau merasa capai, rasa ingin berhubungan badan atau masturbasi akan hilang perlahan-lahan. Energi yang meluap-luap bisa dialihkan ke sesuatu yang lebih positif.

2. Melakukan kegiatan positif atau hobi
Selain berolahraga, cara terbaik untuk menahan nafsu seks adalah dengan melakukan kegiatan positif seperti hobi. Kalau Anda tidak kuat menahan libido coba keluar dan lakukan hobi yang disukai, misal mencari objek fotografi atau bersepeda untuk mengunjungi tempat-tempat yang disukai.

Hobi secara tidak langsung akan membuat gairah jadi sedikit mereda. Selain itu, dengan melakukan hobi, Anda juga jadi lebih produktif ketimbang hanya melakukan masturbasi agar gairah seks hilang.

3. Menghindari hal-hal yang menjurus
Kalau tidak bisa menahan nafsu seks, jangan melakukan hal-hal yang memicu nafsu itu datang. Misal sering berduaan dengan pasangan, berciuman, atau aktivitas yang menjurus ke tindakan seksual lainnya.

4. Beribadah
Mungkin terdengar klise, tapi ibadah dan pendekatan agama bisa menahan nafsu seksual yang meluap. Dengan pergi ke tempat ibadah atau sembahyang sesuai kepercayaan masing-masing rasa itu akan hilang seiring dengan kondisi pikiran yang lebih tenang dan segar.