6 Cara Menyenangkan Agar Balita Tak Takut Keramas Lagi

doktersehat-bayi-mandi

DokterSehat.Com– Beberapa anak khususnya balita sering menghindar ketika waktunya keramas. Banyak anak menolak untuk keramas dengan cara berteriak, kabur dari kamar mandi, dan sebagainya. Hal ini tentunya membuat acara mandi jadi suatu tantangan tersendiri bagi orang tua.

Cara membuat anak mau keramas

Anak-anak sebenarnya sangat senang bermain air. Namun jika anak mulai malas keramas, Anda bisa mengatasinya dengan membuat suasana keramas jadi menyenangkan. Beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat anak mau keramas, antara lain seperti dilansir dari momjunction:

1. Gunakan shower hat
Umumnya anak takut keramas karena terganggu dengan sampo yang masuk ke mata. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti shower hat.

2. Ajak untuk bermain air
Anda bisa melakukan beberapa permainan air seperti bermain pistol air atau gelembung sabun untuk mengalihkan perhatiannya saat keramas. Cara ini mampu membuat suasana makin menyenangkan dan anak tidak takut lagi untuk keramas.

3. Bersihkan busa sampo keramas dengan bersih
Busa sampo keramas yang tidak bersih dapat menyebabkan gatal-gatal di kulit kepala sehingga anak malas keramas. Karena itu pastikan Anda membilas dengan bersih setiap kali mencuci rambut anak.

4. Jangan terlalu sering
Jika anak tidak terlalu suka keramas, sebaiknya Anda tidak mencuci rambutnya setiap hari. Cukup sekali atau dua kali seminggu, lalu tingkatkan frekuensi keramas jika anak sudah mulai menikmati keramas.

5. Berikan contoh
Setiap Anda selesai keramas, tunjukkan pada anak bahwa keramas membuat rambut lebih sehat dan bersih. Dengan begitu anak akan belajar tentang manfaat keramas.

6. Gunakan sampo untuk anak

Formula sampo untuk anak berbeda dengan sampo dewasa. Gunakan sampo khusus anak-anak agar tidak menyebabkan iritasi dan tidak pedih di mata.

Bagaimana Mom, Anda punya tips khusus untuk membuat anak mau keramas? Yuk bagi tipsnya di kolom komentar!