Cara Memasak Sehat Dan Tidak Merusak Gizi

DokterSehat.Com – Bahan-bahan pangan yang sebenarnya kaya akan nutrisi bisa berubah menjadi makanan kurang sehat bila dimasak dengan cara yang salah.

10

Padahal ada cara mengolah makanan yang lezat tetapi tetap sehat. Cara memasak dengan suhu tinggi bisa menghancurkan vitamin dalam sayuran, terutama vitamin C, folat, dan potasium, sampai 20 persen.

Mungkin ini sebabnya mengapa penganut pola makan makanan mentah (raw food) meyakini cara terbaik menyajikan makanan adalah dengan tidak memasaknya.

Meski begitu penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar makanan justru akan lebih bernutrisi setelah dimasak, misalnya saja wortel, bayam, dan tomat. Proses pemasakan akan membantu pelepasan antioksidan dengan cara menghancurkan dinding sel sehingga zat-zat penting dalam sayuran itu lebih mudah diserap tubuh.

Berikut cara memasak paling sehat dan meminimalkan kerusakan gizi :

  • Menggunakan microwave
    Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan microwave. Memasak dengan menggunakan microwave merupakan salah satu cara terbaik dan paling sehat. Hal ini karena saat menggunakan microwave kita hanya perlu memasaknya secara singkat, sehingga kerusakan nutrisi akan dapat diminimalisirkan. Agar makanan yang Anda masak tidak terlalu kering, Anda dapat menyiasatinya dengan menambahkan sedikit air sebelum dipanaskan.
  • Mengukus
    Cara memasak yang kedua adalah dengan cara mengukus. Hampir setiap orang mengetahui mengukus makanan merupakan salah satu mengolah makanan terbaik. Mengukus akan membuat kandungan gizi makanan tetap terjaga. Tak hanya sayuran saja, Anda juga dapat mengukus ikan ataupun jenis makanan lainnya.
  • Merebus
    Tips memasak sehat selanjutnya adalah merebus makanan. Saat merebus makanan, pastikan Anda memasaknya dengan cara yang tepat seperti suhu tidak terlalu tinggi, tidak terlalu lama dalam merebus makanan, jangan terlalu lama merebusnya serta jangan terlalu banyak air. Anda dapat merebus segala macam sayuran seperti brokoli, bayam, wortel, kol ataupun zucchini sayuran yang mirip dengan mentimun hijau.
  • Membakar
    Siapa yang tidak mengetahui metode memasak yang satu ini. Orang Indonesia sangat menyukai makanan yang dibakar, seperti sate, ikan bakar ataun makanan seafood lainnya. Namun sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar. Karena arang yang menempel pada makanan yang kita oleh bersifat karsenogenik atau penyebab kanker. Saat mengonsumsi makanan ini, pastikan Anda mengimbanginya dengan makanan yang kaya akan antioksidan seperti kemangi untuk lalapan.
  • Menumis
    Metode memasak dengan cara menumis merupakan cara memasak sehat yang banyak disukai setiap orang. Karena selain mudah dan cepat dilakukan, menumis dapat diterapkan pada segala bahan makanan. Agar lebih sehat, Anda dapat mengganti minyak goreng dengan minyak yang lebih sehat. Salah satunya yaitu minyak zaitun.