Cara Melindungi Mata Dari Radiasi Komputer

DokterSehat.Com – Penggunaan komputer sampai dengan 12 jam sehari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter anti radiasi akan mengakibatkan mata merah. Monitor komputer sendiri menghasilkan radiasi sinar x, ultravolet, gelombang mikro dan radiasi eletromagnetik berfrekuensi rendah. Semakin terang monitor anda, maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkannya. Dampak berikutnya dari radiasi monitor komputer adalah mata yang bergetar dan berkedip, lalu dapat berlanjut memicu rabun jauh atau mata minus, katarak, keguguran dan epilepsi. Sementara dampaknya akan dirasakan mulai 15 sampai 20 tahun kemudian.



Berikut tipsnya :

  1. Atur posisi monitor anda
    Posisi monitor yang baik adalah hal yang sangat menentukan kesehatan mata. Perhatikan jarak monitor dan posisi komputer, posisi monitor yang baik bagi mata adalah dengan posisi yang sedikit lebih rendah di bawah mata.
  1. Atur kenyamanan
    Aturlah monitor sebaik mungkin,  mulai dari terang gelap warnanya, kecerahannya sampai pada besar kecilnya tulisan. Juga perlu diperhatikan dalam pengaturan besar kecilnya huruf yang muncul pada layar komputer. Pengaturan huruf yang terlalu kecil akan mengakibatkan mata menjadi cepatlelah, karena mata harus lebih fokus dalam memperhatikan rangkaian huruf-hurufnya. Sedangkan dengan memilih huruf yang terlalu besar, hal ini pun akan  membuat mata  merasa tidak nyaman.
  1. Istirahatkan mata sejenak
    Semua bagian tubuh tentunya memerlukan waktu untuk  beristirahat. Mata yang lelah karena terlalu lama menatap layar monitor komputer juga butuh diistirahatkan. Cara mengistirahatkan mata yang paling sederhana dan dilakukan dalam beberapa menit saja yaitu dengan cara memejamkan mata dalam beberapa saat sampai mata kembali merasa  rileks.
  1. Selalu sediakan air putih
    Sediakan selalu air putih setiap kali berada atau bekerja di depan komputer. Bukankah tubuh juga sangat memerlukan asupan air putih dalam per hari, saat mata mengalami kelelahan, maka dengan minum air putih akan dapat sangat membantu. Minumlah air putih sesering mungkin, minimal 8 gelas per hari. Dengan melakukan hal ini, bukan hanya mata saja yang mendapatkan kesegaran kembali, tetapi juga seluruh tubuh ikut merasakan kesegarannya.
Baca Juga:  Awet Muda dengan Minuman Sehat

Itulah beberapa tips melindungi mata dari radiasi komputer, semoga bermanfaat.