Cara Melakukan Senam Kegel untuk Pria

DokterSehat.Com – Senam kegel memang merupakan jenis senam yang dapat dengan mudah anda lakukan karena jenis senam ini berbeda dengan senam yang mungkin biasa anda lakukan. Anda tidak perlu membutuhkan instruktur senam untuk mengarahkan anda dalam setiap gerakan senam yang anda lakukan.



Sebelum membahas mengenai berbagai cara melakukan gerakan senam kegel, apakah anda tahu apa itu? Mungkin ada dari anda yang sudah mengetahuinya tetapi banyak juga dari anda yang ternyata masih asing dengan istilah senam ini. Memang jenis senam ini jarang dilakukan oleh masyarakat dan hanya dilakukan untuk tujuan tertentu.

Misalnya saja, senam ini dilakukan oleh para pria yang mungkin sedang terapi dalam mengatasi ejakulasi dini. Tentunya hal ini akan dilakukan bagi anda yang hanya memiliki masalah tersebut dan bagi anda yang tidak mengalaminya, mungkin tidak mengetahuinya dan bahkan tidak mau tahu.

Memang salah satu manfaat dari senam kegel untuk mengatasi ejakulasi dini, di mana terapi ini biasanya menjadi pilihan banyak kaum pria karena relatif mudah untuk dilakukan dan juga memberikan efek yang cukup efektif.

Berikut cara melakukan senam kegel bagi pria :

  • Mencari otot yang tepat
    Untuk mencari dan menemukan otot dasar panggul, Anda bisa melihatnya dengan cara menahan gas yang akan keluar dari dubur atau menghentikan air seni pada saat Anda buang air kecil. Setelah menemukan daerah tersebut, Anda bisa kemudian melihatnya melalui cermin. Otot dasar panggul Anda akan naik bersama dengan alat kelamin dan zakar Anda.
  • Menyempurnakan teknik
    Ketika Anda sudah melihat otot dasar panggul Anda, sudah saatnya Anda melakukan senam kegel dengan cara mengosongkan kandung kemih lalu kemudian berada pada posisi berbaring dengan mengangkang dan kaki ditekuk. Untuk mengencangkan otot dasar panggul, yang harus Anda lakukan adalah menahan kontraksi selama 3 detik lalu melepaskan selama 3 detik. Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali. Jika otot Anda sudah semakin kencang, maka Anda sudah senam ini sambil duduk, berdiri bahkan berjalan.
  • Menfokuskan pada otot dasar panggul
    Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik dari senam ini, sebaiknya Anda hanya memfokuskan pada otot dasar panggul. Saat melakukan senam ini, bernapaslah seperti biasa dan hindari untuk menahan napas.
  • Repetisi
    Saat melakukan gerakan ini, ulangi sebanyak tiga hingga sepuluh sekali dalam sehari.
  • Menjadikannya sebagai rutinitas
    Agar hasil dari senam ini menjadi lebih optimal, lakukanlah senam ini ketika Anda juga melakukan rutinitas harian. Contohnya, saat Anda menggosok gigi, Anda juga bisa melakukannya sambil melakukan senam kegel.