Cara Mengontrol Libido yang Tinggi Selama Bulan Puasa

doktesehat kendalikan libido saat puasa

DokterSehat.Com – Salah satu ujian paling berat selama bulan puasa tiba sebenarnya bukan menahan lapar dan dahaga saja. Lebih dari itu menahan hawa nafsu termasuk seks juga tidak gampang. Libido pada pria dan wanita bisa naik setiap hari dan kadang pada kondisi yang tidak tepat. Akibatnya, saat menjalankan puasa, kita semua jadi tersiksa sendiri karena tidak bisa melakukan apa-apa.

Naiknya gairah seks atau libido baik pada pria atau wanita adalah sesuatu yang wajar dan alami. Namun, bukan berari tidak bisa dikendalikan atau dikontrol. Nah, kalau Anda merasa tidak nyaman dengan libido yang sering muncul selama bulan puasa, coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Hindari pemicu kenaikan libido

Cara paling gampang untuk mencegah munculnya libido saat bulan puasa adalah menghindari pemicunya. Setiap pria atau wanita memiliki pemicu gairah seksual yang berbeda-beda. Ada pria yang langsung terangsang begitu melihat pasangannya mengenakan pakaian yang agak minim. Selanjutnya pada wanita, ada yang langsung “tinggi” karena melihat idola di dalam film.

Hal-hal seperti ini harus diperhatikan dengan baik-baik agar Anda tidak tersiksa selama puasa. Kalau sudah mulai terangsang biasanya pikiran akan menjadi kotor dan tidak bisa konsentrasi kerja dan juga konsentrasi menjalankan puasa dari awal hingga akhir.

  1. Membuat jadwal rutin berhubungan badan

Untuk Anda yang sudah menikah, salah satu pemicu naiknya libido adalah jarangnya berhubungan badan. Menumpuknya sperma di dalam tubuh dan juga gairah selama berhari-hari membuat pasangan kadang tidak bisa mengontrol dirinya dengan baik.

Saat puasa, seks boleh dilakukan saat malam dan sebelum imsak. Jadi, agar seharian Anda tidak selalu memikirkan seks terus-menerus, ada baiknya untuk melakukan seks secara rutin dan terjadwal. Misal seminggu 1-2 kali saat bulan puasa dan kembali normal saat bulan biasa.

  1. Berolahraga yang rutin

Nafsu seks biasanya sering muncul saat Anda sedang santai dan nyaman. Kalau badan capai karena berolahraga biasanya gairah akan sedikit mereda meski Anda tetap bisa melakukan seks sesudahnya.

Agar gairah seks tidak terlalu menggebu-gebu khususnya saat siang dan mengganggu aktivitas, sore hari jelang buka puasa coba lakukan olahraga. Saat tubuh melakukan aneka gerakan dengan sempurna dan mulai berkeringat, pikiran untuk seks akan perlahan mereda. Anda tidak akan merasa tersiksa hingga akhirnya tiba saat waktu berbuka puasa.

  1. Alihkan pikiran ke hal lain

Sebenarnya untuk mengendalikan gairah untuk bercinta kita hanya perlu mengendalikan pikiran agar tetap tenang. Anda bisa mendengarkan musik yang cukup memberikan rasa nyaman selama beberapa saat. Beberapa orang ada juga yang memilih untuk menyaksikan film kesukaan untuk mengalihkan pikiran.

Kalau Anda miliki hobi tertentu seperti membaca, memancing, atau kegiatan lain yang lebih bermanfaat, lakukan dengan segera. Dengan melakukan aktivitas itu kondisi pikiran akan kembali tenang, dan libido yang meluap-luap bisa dikendalikan.

  1. Perbanyak ibadah

Karena ini bulan Ramadan, kalau gairah seksual sedang meluap-luap coba perbanyak ibadah. Cobalah tenangkan pikiran untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Cobalah untuk salat dan berdoa.

Beberapa pria terbantu dengan melakukan hal ini. Libido yang muncul perlahan turun dan akhirnya membuat pikiran jadi lebih jernih dan tenang. Anda juga bisa mempraktikkan cara ini kalau susah sekali mengontrol gairah untuk berhubungan badan khususnya saat pagi dan siang hari.

Nah, Anda sendiri bagaimana? Adakah cara khusus untuk menangani kenaikan libido selama bulan puasa?