Cara Kita Mengompres Anak Saat Sedang Demam Ternyata Selama Ini Salah

DokterSehat.Com– Siapa sih orang tua yang bisa tenang saat melihat anaknya demam? Tak hanya membuat anak menjadi lebih rewel dan susah tidur, anak juga bisa kehilangan nafsu makannya. Demam pada anak sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti flu, gigi yang sedang tumbuh, atau setelah mendapatkan imunisasi. Untuk mengatasi demam ini, kebanyakan orang tua akan segera mengompres anak agar suhu tubuhnya bisa menurun.

doktersehat-anak-sakit-panas-demam-flu

Sayangnya, kebanyakan orang tua mengompres anak dengan cara yang salah, yakni dengan menggunakan air dingin. Menurut pakar kesehatan, kita justru sebaiknya mengompres anak dengan air hangat saat demam karena dengan melakukannya, maka bagian pusat suhu tubuh akan mendapatkan sinyal bahwa suhu yang ada di sekitar tubuh anak cukup hangat sehingga memerintahkan tubuh untuk menurunkan suhunya.

Selain pemilihan suhu air saat mengompres anak, kebanyakan orang tua juga salah dalam hal menempatkan kompres pada tubuh anak. Bukannya di dahi, pakar kesehatan justru menyebutkan bahwa seharusnya kita mengompres pada bagian ketiak atau lipatan paha. Pada kedua bagian tubuh ini, terdapat pembuluh darah besar yang bisa memberikan informasi tentang suhu di sekitar tubuh pada otak. Dengan mengompresnya di ketiak atau lipatan paha, maka diharapkan otak bisa memberikan reaksi lebih cepat dalam menurunkan suhu tubuh.

Setelah anak dikompres, ada baiknya kita selalu menjaga tubuh anak dalam kondisi kering. Jika anak berkeringat, bersihkan tubuh anak dengan handuk kering dan ganti bajunya. Dengan melakukannya, tubuh anak pun terasa lebih nyaman. Selain itu, ada baiknya kita memberikan anak makanan yang segar dan hangat seperti sup hangat. Hal ini akan membuat saluran pencernaan anak lebih hangat dan nyaman sehingga membantu proses pemulihan tubuhnya.