Cara Kendalikan Rasa Lapar

DokterSehat.Com – Jika kini anda sedang mencoba sebuah program diet, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai hal yang bisa mengendalikan rasa lapar. Hal ini akan lebih mempermudah dan lebih menyiapkan saat anda merasakan hal tersebut nantinya. Rasa lapar sudah pasti terasa bagi orang yang melakukan diet. Jadi kiat kendalikan lapar dibawah ini mungkin bisa membantu anda agar lebih kuat dalam mengikuti sebuah program diet.



  • Tidur tepat waktu
    Tidur juga merupakan hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan rasa lapar. Jika anda sering begadang, maka sudah dipastikan perut akan mengalami rasa lapar yang cukup besar. Dengan hal tersebut, sebaiknya tidur tepat waktu dan cukup agar tubuh sehat dan ideal.
  • Menghindari sikap duduk lama
    Jika anda sering duduk dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dipastikan cemilan atau makanan ringan akan menjadi teman di samping anda. Hal tersebut diakibatkan rasa bosan yang hinggap saat duduk yang terlalu lama. Dengan demikian sebaiknya hindari duduk agar terhindar dari lapar yang berlebih.
  • Mengatur menu makanan
    Pola makan yang salah ternyata bisa mengakibatkan lapar yang berlebih pada tubuh kita. Hal ini bisa anda coba dengan tidak melakukan sarapan pada pagi hari, maka pada siang harinya menu makanan anda akan dua kali lebih banyak dari ukuran semestinya. Hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap pencernaan dengan timbulnya ketidakmampuan lambung untuk memproses kandungan zat makanan secara sempurna dalam satu waktu. Kiat kendalikan lapar tersebut harus dilakukan secara konsisten dengan pola makan yang teratur.
  • Alternatif kkarbohidrat
    Bagi keumuman masyarakat di negara ini, konsumsi karbohidrat dengan penggunaan nasi sudah menjadi hal yang biasa. Namun jika anda ingin hidup yang sehat dan mendapatkan rasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama, maka sebaiknya segera mengganti menu karbohidrat anda dengan bahan yang terbuat dari gandum seperti roti gandum. Roti gandum memiliki serat yang cukup tinggi sehingga perlu waktu untuk mencernanya. Dengan demikian rasa lapar tidak akan hinggap dalam waktu yang dekat. Jenis kiat tersebut bisa dilakukan di pagi hari dan siang hari. Untuk mengolah roti gandum bisa diubah menjadi sebuah sandwich yang sangat lezat dengan penambahan sayuran sebagai pelengkapnya.