Cara Kendalikan Berat Badan Saat Hamil

Doktersehat.com – Banyak yang mengatakan bahwa perempuan  hamil itu akan terlihat lebih gemuk seiring pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan. Semua perempuan pasti mengalami penambahan berat badan saat hamil. Meski demikian, ini bukanlah alasan untuk membiarkan tubuh semakin membengkak tak terkendali saat hamil. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan berat badan selama hamil.



1. Pantau berat badan setiap minggu
Anda harus tahu banyaknya kenaikan bobot tubuh saat hamil setiap minggu. Ini akan membantu mengendalikan kenaikan berat badan agar tak kelebihan. Kenaikan berat badan selama hamil yang wajar adalah 10-17,5 kg. Jika sudah melewati angka konsultasikan pada dokter kandungan Anda. Mulailah untuk, merencanakan pola makan yang lebih sehat.

2. Atur jumlah makanan
Saat hamil, banyak perempuan beranggapan bahwa harus makan untuk ‘dua orang’. Parahnya hal tersebut diterjemahkan secara harafiah dengan makan dua kali lipat porsinya. Kehamilan menjadi alasan Anda makan banyak dan semaunya dengan alasan demi jabang bayi. Padahal yang dimaksud, Anda butuh nutrisi yang lengkap agar bayi sehat. Sedangkan jumlah porsi yang harus ditambah tidak terlalu banyak, saat hamil, Anda hanya membutuhkan 300 kalori ekstra dalam sehari. Sehingga harusnya ibu hamil mengatur pola makan yang lebih bergizi. Memastikan jabang bayi mendapatkan semua gizi yang dibutuhkannya.

3. Rencanakan diet Anda
Hindari untuk menyantap makanan yang memiliki nilai gizi yang lebih kecil daripada makanan utama, misalnya mengganti beras dengan pasta. Jika ingin ngemil, usahakan untuk menyantap aneka makanan ringan yang sehat seperti sayuran, telur, dan buah-buahan. Agar tak kekurangan nutrisi, usahakan untuk ngemil sehat setiap dua jam.

4. Jangan berhenti berolahraga
Meskipun sedang hamil, Anda tak perlu berhenti berolahraga atau beraktivitas. Lakukan pekerjaan rutin Anda, jogging, atau jalan-jalan santai dalam taraf yang disesuaikan dengan kondisi kehamilan. Bahkan para dokter kandungan pun menyarankan untuk tetap bergerak aktif saat hamil, karena bisa meningkatkan peluang untuk persalinan normal.

Baca Juga:  Penyebab Keguguran pada Kehamilan Pertama

Jika Anda tak aktif atau malas beraktivitas saat hamil, akan membuat lemak banyak menumpuk di tubuh sehingga lebih sulit untuk menurunkannya pasca kehamilan.

Dari berbagai sumber