Cara Jitu Redakan Nyeri Usai Melahirkan

DokterSehat.com – Saat melahirkan daerah perineum yang terdapat di antara vagina dan anus akan mengalami perobekan. Daerah ini akan lebih sensitif setelah persalinan berlangsung. Anda akan merasa nyeri saat duduk, batuk, berjalan, atau bersin. Selain itu, organ intim juga akan mengalami pembengkakan dan timbul gatal. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba tips berikut ini:



1. Hidroterapi

Hidroterapi mampu memberikan sensasi relaks selama persalinan dan mampu mengurangi rasa sakit. Bagi wanita yang akan menjalani proses malahirkan dianjurkan untuk mandi selama 15 menit terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri. Air mampu meredakan kecemasan dan rasa sakit saat melahirkan.

Untuk meringankan rasa sakit setelah melahirkan Anda bisa merendam darah pinggul ke bawah dengan air hangat (102-105 oF).

2. Mengompres dengan es

Untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri pada daerah organ intim Anda bisa meletakkan potongan es yang sudah dibungkus dalam kantung plastik atau kain di atasnya. Diamkan selama 20 menit, lakukan dua atau tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Latihan kegel

Supaya lekas sembuh lakukanlah latihan yang bisa memperkuat otot-otot dekat sayatan. Kencangkan daerah kewanitaan Anda seperti saat menahan buang air kecil. Tahan selama 10 detik lalu lepaskan. Lakukan sebanyak 20 kali kapan saja dan dimana saja.

4. Salep atau cairan anestesi

Setelah melahirkan biasanya Anda akan diberikan salep atau cairan anestesi untuk membuat luka mati rasa sementara waktu.

5. Istirahat

Saat beristirahat sebaiknya berbaringlah miring ke samping selama mungkin guna meringankan tekanan pada daerah episiotomi. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Usahakan untuk duduk di atas bantal lembut agar daerah intim Anda menjadi lebih nyaman.

Baca Juga:  Cara meredakan nyeri haid

6. Gunakan pakaian longgar

Usahakan untuk menggunakan pakaian dan celana yang tidak terlalu ketat karena bisa mengakibatkan terjadinya gesekan dan mengiritasi luka.

7. Tingkatkan asupan serat

Makanan dan minuman yang mengandung banyak serat dapat membuat feses menjadi lebih lembut sehingga Anda tidak perlu terlalu mengejan saat akan mengeluarkannya.

8. Kebersihan

Pastikan organ intim Anda tetap kering dan bersih. Jangan menggosok bagian tersebut untuk menghindari terjadinya iritasi. Gantilah pembalut setidaknya tiap empat jam dan jangan sentuh luka.

Namun, jika luka tak kunjung sembuh dan malah menimbulkan beberapa gejala seperti demam, perdarahan, luka berbau, nyeri tak kunjung membaik maka segeralah periksakan ke dokter.