informasi kesehatan


Cara Efektif Meredakan Amarah

Cara Efektif Meredakan Amarah

DokterSehat.com– Marah merupakan bentuk luapan emosi negatif. Dalam kondisi marah biasanya seseorang sulit mengendalikan diri dan lebih bersikap agresif.

Saat marah terkadang seseorang menunjukkan reaksi yang berlebihan seperti berteriak-teriak bahkan sampai membanting barang-barang yang berada di sekitarnya.

Bila tidak dikelola dengan baik, kondisi ini bisa merugikan diri Anda sendiri. Sifat pemarah dapat memicu datangnya penyakit berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, arthritis, depresi, kanker payudara pada wanita, obesitas, dan ketergantungan pada obat dan alkohol. Sementara itu, secara sosial orang yang gemar marah akan dijauhi orang lain.

Agar amarah Anda tidak berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola marah.

1. Membedakan sikap marah dengan bermusuhan. Pada saat emosi sedang memuncak Anda seakan mendapat dorongan untuk mengeluarkan segala bentuk amarah Anda dengan berbagai tindakan seperti berteriak-teriak, membanting barang, atau Anda memilih untuk diam saja.

Semua bentuk ekspresi kemarahan yang ditunjukkan tentu saja dapat mempengaruhi kehidupan sosial Anda. Terlebih bila Anda memilih meluapkan amarah dengan membanting barang atau berteriak-teriak. Tentu saja ekspresi tersebut dapat menunjukkan sikap bermusuhan. Tindakan inilah yang nantinya akan menjadi awal dari masalah baru bila tidak dihentikan. Ingatlah, saat marah sebenarnya Anda tidak harus menunjukkan apa yang sedang dirasakan.

2. Menyadari untung ruginya menunjukkan sikap bermusuhan. Tanyakan pada diri Anda sendiri mengenai konsekuensi yang akan ditanggung oleh Anda dan orang lain akibat sikap bermusuhan yang Anda tunjukkan. Pikirkan bila Anda akan kehilangan teman, mengecewakan orang lain, dan dianggap buruk karena sikap berlebihan saat meluapkan emosi.

3. Menarik diri. Ketika ada suatu hal yang membuat marah, Anda tidak perlu langsung memberikan reaksi. Cobalah untuk berpikir lebih jauh tentang konsekuensi yang akan Anda hadapi jika menunjukkan tindakan agresif yang berlebihan.

4. Menghindari pikiran-pikiran yang membuat semakin marah. Saat marah hindari segala sesuatu yang dapat memprovokasi diri Anda sendiri. Pikirkan lagi apakah hal-hal tersebut patut untuk membuat Anda menjadi marah. Sadarilah bahwa dalam menjalani kehidupan ini semua orang tidak mungkin bisa hidup sesuai yang diinginkan. Janganlah kesal bila ada yang tidak sesuai dalam kehidupan ini.

Ketahuilah bahwa marah dapat menimbulkan stres yang nantinya bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh manusia. Bila emosi mulai memuncak Anda bisa mengalihkannya dengan melakukan aktivitas lain seperti menulis, jalan-jalan, atau nonton film kesukaan Anda.

Mulai sekarang jauhkan amarah dari kehidupan Anda agar lebih sehat dan bahagia.

Dari berbagai sumber

pf button both Cara Efektif Meredakan Amarah
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to “Cara Efektif Meredakan Amarah”

  1. Kadang kala saya pribadi meligitimasi cara saya mendidik anak dengan “marah”. Padahal ternyata tidak ada satupun kebaikan di dalamnya, tidak sehat.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Nauru wczasy says:

    Hi there, You’ve done a fantastic job. I will certainly digg it and personally recommend to my friends. I am sure they’ll be benefited from this site.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0