Cara Efektif Mengontrol Nafsu Makan

DokterSehat.com – Menahan lapar demi mendapatkan tubuh ideal malah akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Rasa lapar memang sangat menyiksa bila Anda sedang melakukan diet ketat. Tapi, membiarkan tubuh dalam kondisi lapar sepanjang hari tentu bukan pilihan bijak. Untuk menyiasatinya Anda bisa mengontrol nafsu makan dengan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.



1. Lebih banyak lemak
Makanan yang memiliki lemak sehat ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Menurut para ahli kandungan lemak baik seperti asam oleic akan membantu usus halus menghasilkan oleoylethanolamide yakni zat yang dapat mempengaruhi sistem saraf dengan mengirimkan pesan ke otak bahwa perut sudah kenyang. Sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama. Sumber lemak baik ini bisa ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun murni.

2. Porsi kecil
Memotong-motong makanan dalam porsi kecil dapat menimbulkan kepuasan yang lebih besar ketimbang makan dalam porsi besar walaupun jumlah kalorinya sama.

3. Sarapan
Sarapan akan mencegah Anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan manis atau minuman bersoda yang dapat menimbulkan obesitas. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang jarang sarapan akan cenderung lebih gemuk.

4. Makan perlahan
Makan dengan tergesa-gesa dapat menghambat produksi hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang sehingga orang akan lebih cepat merasa lapar.

5. Konsumsi makanan manis seminggu sekali
Dalam tubuh terdapat hormon leptin yang berfungsi menekan nafsu makan dan memberi pesan rasa kenyang. Untuk mengoptimalkan kinerja leptin sebaiknya kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Meski begitu, Anda masih bisa mengonsumsi makanan manis seminggu sekali sebagai hadiah atas upaya “puasa” makanan manis setiap hari.

6. Perbanyak serat
Serat menjadi senjata utam untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu,  serat juga bermanfaat untuk menghentikan peningkatan glukosa secara tiba-tiba.

Baca Juga:  Apakah Berlari di Jalan Raya Baik Bagi Saluran Pernafasan?

7. Olahraga 15 menit setiap hari
Berolahraga selama 15 menit mampu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Meningkatkan sinyal leptin, dan menurunkan insulin. Selain itu, olahraga juga dapat membantu membakar lemak dan membentuk otot.

8. Makanlah sambil duduk
Saat berdiri tidak disarankan untuk memasukkan apapun ke mulut. Kenapa? Karena orang akan cenderung makan lebih banyak dan cepat saat sedang berdiri atau berjalan. Akibatnya, Anda akan terus makan tanpa menyadari berapa banyak kalori yang sudah masuk.

9. Asupan protein
Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang harus ada dalam menu diet Anda karena berguna untuk memperlambat proses pencernaan dan menekan peningkatan insulin.

Dari berbagai sumber