Cara Diet Yang Baik Dan Alami

DokterSehat.Com – Menguruskan badan atau menurunkan berat badan tidak bisa asal saja, kalau Anda menggunakan cara diet yang tidak baik maka akan mengalami sakit karena menurnkan berat badan dengan cara yang salah. Anda menahan rasa lapar dan anda palingan hanya makan sehari sekali saja.

5

Ya, memang tak dapat dipungkiri bahwa cara diet yang seperti itu bisa membuat berat badan turun drastis, tetapi bisa membahayakan kesehatan anda. Turunnya berat badan karena berpuasa akan membuat tubuh anda lemah karena tidak mendapatkan asupan energi yang cukup dari makanan.

Berikut ini cara diet yang baik dan alami :

  • Istirahat teratur
    Banyak orang yang bertanya, apa hubungan tidur dengan diet sehat? Ketika anda tidur, maka organ dalam tubuh tentunya akan ikut beristirahat. Saat tidur anda cukup, maka kerja organ akan maksimal karena istirahat mereka juga cukup. Namun, apa yang terjadi, jika tidur anda kurang, tetapi organ tubuh tetaplah harus melakukan proses metabolisme. Yang ada mereka harus berusaha ekstra keras, tetapi tetaplah tak bisa maksimal. Jadi, agar lemak dimetabolisme secara sempurna, anda sebaiknya tidur 6 sampai 8 jam setiap harinya.
  • Hindari kebiasaan buruk
    Kebiasaan buruk? Yang dimaksud dengan kebiasaan buruk disini adalah seperti mengkonsumsi alkohol dan juga merokok. Alkohol dan rokok tersebut selain membuat badan anda tidak sehat, juga bisa membuat lemak dan kolesterol jahat menumpuk pada tubuh. Jika anda ingin melakukan cara diet yang baik, mau tak mau anda harus meninggalkan kedua kebiasaan tersebut. Meskipun awalnya akan merasa sulit karena keduanya bisa menimbulkan rasa candu, tetapi anda harus melakukannya jika ingin melakukan diet yang sehat. Bisakah anda? ingat minuman alkohol bukan hanya miras, tetapi softdrink juga bisa masuk di dalamnya.
  • Rutin memakan buah dan sayur
    Sudah banyak orang yang tahu jika buah dan sayur adalah makanan andalan orang yang sedang melakukan diet sehat. Cara diet yang baik ini tentunya tak akan membuat anda tersiksa karena buah dan sayur harganya cukup ekonomis dan rasanya juga lumayan enak. Buah dan sayur ini mengandung antioksidan yang bisa membantu menghancurkan lemak dalam tubuh.Itulah sebabnya mengapa orang yang sedang melakukan diet sangatlah rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Ya, karena memang manfaat buah dan sayur yang tentunya menyehatkan tubuh dan bisa menurunkan berat badan.
  • Rajin sarapan
    Siapa bilang jika orang yang sedang melakukan diet tidak diperbolehkan untuk sarapan. Justru jika anda ingin melakukan diet yang sehat, sarapan adalah salah satu rutinitas yang wajib anda lakukan. Ketika anda sarapan, maka tubuh akan memiliki energy saat melakukan aktivitas tidaklah lemas. Yang terpenting, anda harus tahu menu apa yang sebaiknya anda pilih untuk sarapan jika anda ingin mencoba cara diet yang baik ini. Misalnya, agar anda tidak gemuk, tetapi energy anda tetap full, anda bisa menjadikan pisang, roti gandum, oatmeal, atau air putih sebagai menu sarapan diet anda.
  • Olahraga
    Orang gemuk atau orang yang mengalami obesitas memang seringnya malas untuk melakukan olahraga. Mereka mengatakan olahraga akan membuat tubuhnya lekas capek. Namun, ternyata jika anda ingin mencoba cara diet yang baik, olahraga adalah cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Dengan olahraga, kalori dan lemak pada tubuh bisa terbakar dengan sempurna. Cukup melakukan olahraga, misalnya jogging setiap hari. Saat anda mau melakukan olahraga secara rutin, maka berat badan anda akan bisa berkurang.