Cara Cepat Mengatasi Pilek

DokterSehat.Com – Cuaca tidak menentu seperti yang terjadi akhir-akhir ini, tidak jarang membuat tubuh cenderung rentan terhadap pilek terlebih jika anda tengah melakukan aktivitas padat.



Berbagai faktor seperti kecapean, virus dan stres merupakan faktor yang paling sering menimbulkan infeksi pada tenggorokan dan hidung yang berakibat munculnya gejala seperti hidung mampet, tenggorokan serak dan kepala terasa pusing.

Tentu saja hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi anda yang memiliki jadwal yang padat.

Pilek sebenarnya bisa langsung diatasi asalkan kita mengobatinya sebelum terlambat. Ketika kita terserang gejala pilek, yang pertama kita lakukan ialah banyak mengkonsumsi air hangat. Air hangat akan membunuh bakteri dan kuman di tenggorokan hingga napas kita akan terasa lebih lega. Cara lain ialah dengan berkumur air garam. Air garam memang akan membuat tenggorokan agak sedikit perih, tetapi yakinlah bahwa virus flu rentan mati jika terkena garam. Rajin-rajinlah melakukan ritual ini disertai dengan istirahat yang cukup.

Cara lain utuk mengatasi flu dan pilek ialah dengan meminum campuran kecap dan juga jeruk nipis. Kecap dan jeruk nipis ialah ramuan tradisional yang masih diteliti kandungan ilmiahnya. Tetapi cara ini cukup ampuh dan sering dipergunakan untuk obat zaman dahulu. Caranya ialah memberi kecap dengan perasan jeruk nipis kemudian menenggaknya seperti kita meminum sirup obat batuk. Dengan cara diatas, semoga pilek anda bisa cepat teratasi.