Cara Cegah Kutu Air Dimusim Hujan

DokterSehat.Com – Perlindungan lebih terhadap kesehatan keluarga perlu dilakukan, terutama ketika musim hujan. Ingatlah bahwa ketika air turun dari langit, itu artinya berbagai penyakit juga akan muncul. Munculnya infeksi saluran pernapasan atas, seperti batuk, pilek serta gangguan kulit berisiko tinggi di musim penghujan.

8

Salah satu gangguan kulit yang dapat muncul adalah penyakit kutu air. Kutu air (athlete foot disease) merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur, yaitu: Trichophyton mentagrophytes dan Trichophyton rubrum.

Penyakit ini sering muncul pada kaki, namun dapat juga menginfeksi bagian tubuh lainnya seperti paha dan telapak tangan. Pada musim kemarau, kutu air sering muncul pada kaki yang terbungkus sepatu sepanjang hari. Hal ini karena jamur penyebab kutu air menyukai tempat yang hangat dan lembap. Namun, risiko menjadi lebih besar ketika musim hujan. Saat hujan, udara lembap, tanah yang becek, dan genangan air meningkatkan munculnya penyakit kutu air.

Perlu Anda ketahui bahwa infeksi ini menular. Infeksi kulit ini dapat menyebar melalui dua cara, yaitu kontak langsung dan kontak tidak langsung. Penyakit kutu air dapat ditularkan secara langsung dari orang ke orang jika kulit orang yang terinfeksi menyentuh kulit orang yang sehat, atau ketika orang yang sehat menyentuh permukaan yang telah terinfeksi, seperti genangan air.

Gejala khas yang muncul di antaranya adalah kulit kering yang mengelupas pada kaki (umumnya pada sela-sela jari kaki), bau kaki yang tidak sedap, hingga lecet. Selain itu, sama halnya dengan biang keringat atau alergi, kutu air juga dapat menyebabkan gatal.

Cara mencegah kutu air dimusim hujan :

  • Jagalah kebersihan tubuh terutama kulit kita, gunakan alas kaki yang kering dan bersih. Saat musim hujan, segera bersihkan dan keringkan alas kaki yang basah.
  • Segera lepaskan alas kaki yang kotor dan basah, bersihkan kulit menggunakan sabun anti kuman. Keringkan dan angin-anginkan kaki sebisa mungkin setelah sampai di rumah.
  • Potonglah kuku dan bersihkan sela-sela jari kaki, karena biasanya disitulah tempat kuman atau bakteri penyebab bau dan penyakit berkembang biak.
  • Jika merasa gatal-gatal, rendamlah kaki menggunakan air angat bercampur garam, untuk mematikan kuman dan bakteri serta bermanfaat menghilangkan rasa pegal.
  • Untuk pengobatan alami menggunakan herbal, bisa menggunakan 10 lembar daun sirih yang dimasak menggunakan 1 liter air sampai mendidih. Setelah itu, campurkan 1 sendok garam dan gunakan untuk merendam kaki yang terkena kutu air jika ramuan sudah hangat. Cara ini sebaiknya dilakukan secara rutin menjelang tidur malam.