Cara-Cara Untuk Menurunkan Tekananan Darah Tinggi

Dokter Sehat – Hipertensi adalah tekanan darah tinggi dimana adanya kelainan jantung dan pembuluh darah yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, dan  kardiovaskular. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, banyak sekali orang yang mengkonsumsi obat penurun hipertensi. Namun cukup berbahaya juga obat tersebut, jika di konsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan kerusan ginjal.

9

Tips Untuk Menurunkan Tekanan Pada Darah Tinggi :

1. Olahraga TeraturBerolahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi, olahraga selama 30 hingga 60 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebesar -9 mmHg.

2. Hindari AlkoholMengonsumsi alkohol tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Berat Badan
Kenaikan berat badan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya hipertensi, karena Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras sehingga  menyebabkan hipertensi.

4. Konsumsi Dark ChoholateOrang yang mengonsumsi dark chocolate setiap hari selama 15 hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,5 poin dan diastoliknya sebesar 4,2 poin. Tetapi pilihlah cokelat yang mengandung antioksidan dan 65 persen kakao.

5. Hindari StresKecemasan dan stres dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, maka dari itu usahakanlah jangan sampai stres. Latihan pernapasan sangat baik untuk mengatasi stres dan dapat mengurangi risiko hipertensi.

6. Berhenti Merokok
Merokok sangat berisiko tinggi terhadap hipertensi, nikotin yang ada dalam kandungan rokok dapat menyebabkan tekanan darah melonjak  penyebab hipertensi kronis.

7. Yoga Dan Meditasi
Yoga merupakan salah satu  metode pelepas stres, yang efektif mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi, saraf otonom, denyut jantung, dan pencernaan.