Cara-Cara Untuk Mencegah Flu

Dokter Sehat – Influenza (Flu)  adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini adalah badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala terasa berat, batuk-batuk, lelah, dan rasa tidak nyaman. Banyak orang tidak menyadari kebiasaan seperti merokok, jarang cuci tangan, hingga olahraga berlebihan bisa menyebabkan seseorang terkena flu.

15

Cara-cara untuk mencegah terjadinya flu:

1. Cuci Tangan
Sering mencuci tangan dengan sabun dan air dapat mengusir kuman yang menempel. Ketika mencuci tangan , lebih baik menggosokkan kedua tangan bersama-sama dengan penuh semangat selama 20 detik, kemudian mematikan keran dengan handuk. Sedangkan ketika Anda sedang bekerja, sempatkan diri Anda untuk selalu membersihkan permukaan benda-benda di sekitar Anda seperti keyboard, mouse komputer, telepon, gagang pintu, dan lain sebagainya.

2. Hindari Menyentuh Hidung, Mulut, Dan Mata
Jika Anda merasa tangan Anda tidak steril dari kuman dan belum sempat mencucinya, maka usahakanlah tangan Anda untuk menjauh dari hidung, mulut, dan mata Anda. Karena flu dan pilek dapat menyebar dari anggota-anggota tubuh tersebut. Jik Anda batuk atau bersin, usahakanlah untuk menggunakan tisu.

3. Membiasakan Pola Hidup Sehat
Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tetap terhidrasi, dengan minum delapan gelas air sehari dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Sedangkan berolahraga secara rutin seperti jalan cepat atau bersepeda dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus. Namun, jangan terlalu berlebihan melakukannya, karena dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga 5 kali dalam seminggu selama 15-30 setiap sesinya sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar.

Baca Juga:  Asap Dapur Saat Memasak Bisa Memicu Risiko Kanker Nasofaring

4. Jangan Merokok Dan Hindari Asap Rokok
Asap rokok mengandung racun yang dapat melumpuhkan silia, bulu-bulu halus yang melapisi selaput lendir di hidung dan paru-paru. Silia berfungsi untuk  menyapu  virus dan penjajah lainnya. Silia juga mengeluarkan lendir dari paru-paru dan pada umumnya bekerja untuk mencegah terjadinya infeksi. Jika fingsi silia terganggu, maka seseorang akan beresiko tinggi terkena infeksi paru-paru.

5. Makan Yogurt
Yogurt bermanfaat untuk mencegah pilek, bakteri yang ada dalam yogurt dapat merangsang system kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Orang yang makan yogurt setiap hari diketahui 25% lebih sedikit yang terkena pilek.

6. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memang mempunyai banyak manfaat yang diantaranya adalah dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Usahakanlah minum air putih minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan Anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.