Cara-Cara Alami Mengatasi Diare Parah

DokterSehat.Com – Salah satu masalah pencernaan yang kerap terjadi adalah diare. Ada banyak penyebab masalah diare ini dari yang disebabkan oleh hal ringan layaknya karena mengkonsumsi makanan yang sangat pedas sebelumnya, hingga karena konsumsi makanan yang kurang bersih yang membuat kita keracunan atau terkena infeksi virus. Diare sendiri bisa dijabarkan sebagai rasa mulas pada perut yang terus terjadi dan juga buang air besar yang berlangsung hingga berkali-kali terjadi dalam bentuk kotoran yang sangat cair. Memang, obat diare sangat mudah ditemukan di warung-warung dan banyak diantaranya yang cukup ampuh. Namun, ada kalanya obat diare ini tidak bekerja dan diare terus saja berlangsung. Jika hal ini yang terjadi, maka apa yang akan bisa kita lakukan?

doktersehat-pria-toile-kamar-mandi-wasir-ambeien-konstipasi

Pakar kesehatan menyebutkan jika diare yang berlangsung secara terus menerus akan membuat tubuh kita beresiko kehilangan cairan dan mineral tubuh dengan signifikan. Karena alasan inilah banyak pakar kesehatan yang menyarankan penderita diare untuk meminum cairan yang kaya elektrolit layaknya air garam dan gula atau bahkan air perasan lemon untuk mengatasi kehilangan cairan tubuh ini dan kita pun terbebas dari masalah dehidrasi.

Cara berikutnya untuk mengatasi diare parah adalah dengan mengkonsumsi kopi hitam yang pahit. Pakar kesehatan menyebutkan jika minuman ini akan sangat efektif mengatasi masalah diare yang berkepanjangan. Selain itu, jika kita meminum yoghurt dan jinten, maka diare juga bisa segera sembuh dan kita akan mendapatkan kembali cairan elektrolit di dalam tubuh.

Saat diare berlangsung dengan berkepanjangan dan sulit untuk disembuhkan, ada baiknya kita menghindari makanan-makanan berserat yang bisa membuat kondisi di dalam perut menjadi semakin parah. Selain itu, hindari pula beberapa produk susu, terkecuali yoghurt yang ternyata mampu membuat usus-usus menjadi sehat dan kuat kembali.