Cara-cara Agar Para Ibu Hamil Dapat Rileks Dan Nyaman

DokterSehat.Com – Perempuan hamil memiliki tantangan ekstra, mulai dari mual di pagi hari, kaki kram, sakit punggung, berat badan yang menukik drastis dan bahkan ada yang sampai mengalami sulit bernapas. Nah, pertanyaanya, adakah cara untuk mengurangi keluhan-keluhan saat mengandung?



Ketika usia kandungan memasuki bulan ketiga, kenaikan berat badan pastinya mulai terasa, tidak ayal kondisi ini membuat kaki cepat lelah dan kram. Dan umumnya rasa sakit kian terasa parah di malam hari.

Berikut cara agar hamil terasa nyaman :

  • Rawat diri anda
    Bila tubuh mendapat nutrisi serta istirahat yang cukup, Anda akan selalu tampil segar. Penuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dengan makan makanan bergizi seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran, bila perlu tambahkan multivitamin sesuai anjuran dokter.  Istirahat cukup, tak perlu melawan rasa lelah yang lebih cepat muncul, ‘dengarkan’ saja tubuh Anda.
  • Nikmati setiap langkah kaki
    Selain meningkatkan aliran energi kehidupan Anda, olahraga juga akan membuat pipi Anda terlihat bersinar sebagai pancaran keindahan ketenangan pikiran Anda.
  • Biarkan rambut melambai
    Ingin rambut sehat dan indah bersinar saat melambai diterpa angin? Lakukan perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan produk berbahan alami.
  • Sentuh wajah
    Berbagai gerakan pemijatan yang lembut pada kulit wajah Anda bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah di wajah. Lakukan pemijatan wajah setiap pagi dan malam menjelang tidur dengan krim pelembab kesukaan Anda.
  • Manjakan kulit
    Kulit yang bersih dari aneka kotoran yang menyumbat pori-pori akan membuat Anda tampil segar dan nyaman. Lakukan perawatan kulit dan body massage dengan kosmetika herbal.
  • Hirup harumnya kehidupan
    Aromaterapi atau wewangian tertentu akan membantu Anda merasa nyaman. Sebab, ketika Anda hirup wewangian tersebut, molekul-molekulnya akan merangsang ujung-ujung saraf olfaktori dan membuat kondisi emosi serta psikis Anda tenang. Sebelum menggunakan produk aromaterapi, konsultasikan dulu dengan ahli aromaterapi.
  • Nikmati energi kehidupan
    Ciptakan kondisi rileks dengan self-massage. Menurut Michelle Lecclaire O’Neill, Ph.D.,R.N pengarang buku Better Birthing with Hypnosis, self massage yang merupakan salah satu bentuk meditasi ringan ini, akan membantu meningkatkan kerja system imun Anda, dan merangsang produksi hormon pertumbuhan janin.
  • Waktu untuk diri sendiri
    Manjakan diri dengan melakukan hobi Anda, atau berbagai hal yang benar-benar Anda sukai dan membuat Anda merasa senang serta bahagia. Misalnya, melukis, membuat kerajinan tangan, main piano, mendengarkan musik, nonton, nerkebun, dan lainnya.
  • Tertawalah
    Tertawa itu sehat! Mampu membuang berbagai pikiran buruk yang kerap memicu kecemasan dan kekahawatiran selama hamil.
  • Anda bukan super woman
    Buang ego Anda! Tidak perlu menjadi wanita serba bisa alias super woman. Bila Anda merasa tidak sanggup melakukan sesuatu yang terasa berat, jangan segan minta bantuan seseorang. Kalau perlu mintalah seseorang menggantikan Anda untuk sementara.