Cara Berpuasa Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Sebelum anda melakukan ibadah puasa alangkah baiknya anda konsultasikan dulu kondisi kesehatan anda dan janin kepada dokter kandungan anda, Apakah puasa aman dilakukan atau tidak. Sebagai contoh yaitu ibu hamil yang menderita penyakit berat, kondisi kehamilan kembar, dan gangguan kondisi kesehatan lainnya.



Berikut adalah beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil :

Saat sahur

  • Pilihlah makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup, misalnya daging dan telur. Kedua jenis zat gizi tersebut dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, baik dikonsumsi karena dapat membuat Ibu kenyang lebih lama.
  • Untuk menjaga vitalitas tubuh, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah dan sayuran, serta makanan dengan kandungan zinc yang tinggi seperti daging, ikan, dan susu. Ibu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.
  • Hindari makanan manis saat sahur karena akan merangsang produksi hormon insulin untuk membakar gula darah. Akibatnya, kadar gula darah menurun, sehingga Ibu merasa lemas dan cepat lapar.
  • Jangan lupa minum air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi.