Cara Atasi Sembelit Pada Kehamilan

Doktersehat.com – Sulit buang air besar atau sembelit konstipasi seringkali dialami oleh ibu hamil. Sembelit saat hamil ini terjadi karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan dan tentunya sembelit saat hamil akan mempengaruhi kerja organ, termasuk fungsi pencernaan yang cenderung akan melambat.

19

Penyebab sembelit ibu hamil adalah salah satunya karena adanya karena adanya peningkatan dari hormon progesteron. Salah satu fungsi hormon progesteron pada saat proses kehamilan ini adalah memperkuat otot dinding rahim agar mampu menahan janin yang sedang dalam masa pertumbuhan di dalamnya. Secara bersamaan kerja hormon ini juga mengakibatkan kelambatan gerak peristaltik otot-otot saluran pencernaan, sehingga proses buang air besar akan terganggu.

Penyebab konstipasi pada kehamilan lainnya karena tekanan janin pada rahim dan lambung. Dengan adanya penekanan yang dilakukan janin ini maka hal tersebut akan mengakibatkan aliran makanan dalam saluran pencernaan akan mengalami hambatan dan hal ini bisa menyebabkan sembelit saat hamil.

Ada beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil dan berikut beberapa kiat atasi susah buang air besar yang dialami para ibu hamil :

  • Memperbanyak minum air putih. Minimal konsumsi air putih ini dalam setiap hari ibu hamil dalam satu harinya adalah sebanyak 8 gelas. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa saat hamil tubuh menyerap banyak air, sehingga konsumsi air haruslah cukup, agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi. Kecukupan dalam memenuhi kebutuhan air ini akan membantu dalam proses memperlunak tinja, sehingga tinja akan lebih mudah dikeluarkan dan sembelit pada kehamilan bisa diatasi dan dicegah. Selain air putih, cairan juga bisa diperoleh dari makan berkuah atau pun jus buah yang dianggap dapat mengatasi masalah sembelit pada kehamilan.
  • Memperbanyak dalam konsumsi makanan berserat setiap hari. Ibu hamil perlu memperhatikan nutrisi ibu hamil yang dikonsumsinya agar selalu seimbang. Untuk itu makanan alami yang kaya akan serat yang terkandung pada sayur-sayuran dan buah buahan menjadi salah satu pilihan dalam menu santapan sehari-hari untuk mencegah atau mengatasi sembelit pada kehamilan. Buah dan sayuran yang banyak mengandung serat alami dan juga tinggi serat contohnya adalah pepaya dan sayur bayam.
  • Mengkonsumsi suplemen vitamin C pada saat kehamilan juga dapat membantu meringankan tanda gejala konstipasi ibu hamil yang terjadi pada ibu-ibu hamil pada umumnya. Untuk hal suplemen baik itu zat besi, vitamin C dan zat gizi lainnya akan lebih baik bila hal dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan dan juga dokter yang bersangkutan dokter kandungan mengenai seputar pemilihan suplemen pada masa kehamilan.
  • Melakukan olahraga ringan seperti halnya senam kehamilan. Dengan berolahraga dan aktifitas yang dianjurkan selain tubuh akan menjadi lebih segar dan juga lebih sehat, olahraga tersebut juga dapat meringankan sembelit. Ibu hamil bisa melakukan jalan kaki atau berenang. Dan ini juga salah satu dari sekian tips atasi sembelit pada ibu hamil yang bisa dilakukan.