Rahasia Atasi Kulit Wajah Bernoda dan Warna Tidak Merata

doktersehat-mengatasi-noda-wajah
Photo Credit: Pexels.com/ Dana Tentis

DokterSehat.Com– Noda yang ada pada kulit, baik kulit wajah, lengan, atau kulit leher disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah perubahan cuaca yang ekstrem atau masalah penyakit kulit yang lebih membutuhkan perawatan yang serius. Khusus untuk noda pada wajah sebab hal yang tidak terlalu serius, kami miliki tips sederhana untuk Anda. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, berikut ulasannya.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu resep alami mengatasi warna kulit tidak merata, merah-merah sebab terbakar oleh sinar matahari. Lidah buaya bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat sinar matahari. Selain itu, lidah buaya juga dapat menjaga kulit tetap lembap.

Cara untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah ini sungguh sederhana. Gunakan gel lidah buaya lalu aplikasikan pada kulit yang bermasalah, diamkan kurang lebih 20 sampai 30 menit, lalu bilas. Lakukan ini 2 sampai 3 kali setiap hari sampai Anda rasakan manfaatnya.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu elemen yang bisa digunakan untuk merehabilitasi kulit kering yang merupakan salah satu penyebab kulit bernoda. Ia melembapkan, memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan, sehingga mampu mengurangi rasa gatal dan merah pada kulit.

Campurkan 2-3 sendok makan oatmeal dengan air dan ½ sendok teh madu. Gunakan sebagai masker untuk bagian kulit yang bermasalah. Biarkan kurang lebih 5 menit.

Jika ingin menggunakannya sebagai campuran untuk mandi, Anda bisa memasukkan ½ hingga 1 cangkir bubuk oatmeal ke dalam bak mandi, rendam badan Anda selama 15-20 menit, lalu mandi, bilas seperti biasa.

3. Minyak Kelapa

Sama halnya seperti oatmeal, minyak kelapa juga bersifat melembapkan kulit kering, penyebab munculnya noda pada wajah serta warna kulit tidak merata. Sifat pelembap alami yang ada pada minyak kelapa melembapkan kulit secara alami.

Pada saat bersamaan, sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dapat mengurangi kulit kemerahan. Gunakan minyak kelapa murni untuk dioleskan pada kulit yang bermasalah. Gosok-gosok selama 5-10 menit lalu ulangi 2-3 kali dalam sehari.

Permasalahan noda pada wajah sebab hal-hal di luar penyakit kulit, bisa diatasi dengan cara sederhana ini. Jika setelah menggunakan cara tersebut, masalah kulit Anda tidak kunjung mereda, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik