Cara Atasi Mata Lelah

DokterSehat.Com – Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda bekerja dengan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata cepat lelah. Selain itu, mata juga akan terasa kering. Intensitas penggunaan mata yang terlalu tinggi seperti membaca huruf yang berukuran kecil dalam cahaya remang-remang atau mengenakan kacamata dengan ukuran lensa yang salah serta menyetir di malam hari juga dapat melelahkan mata. akibat ketegangan atau kelelahan otot-otot di sekitar mata seringkali mengakibatkan sakit kepala

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Gejala paling umum mata lelah adalah mata berair, terasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi dan lebih peka terhadap cahaya. Gejala yang biasanya menandakan mata lelah normalnya hilang sendiri. Namun jika masalah semakin parah atau tak kunjung hilang, segera temui dokter. Berikut adalah solusi terbaik untuk mengatasi kelelahan pada mata:

1. Mengalihkan perhatian
Yang perlu Anda lakukan adalah mengalihkan fokus selama 20 detik pada beberapa objek lain. Ini merupakan salah satu cara terbaik dan paling sederhana untuk mengatasi ketegangan pada mata.

2. Mengedipkan mata berulang kali
Ini mungkin terdengar lucu. Namun, hal ini bisa meregangkan otot mata yang tegang. Terlalu lama menatap komputer membuat mata kering dan lelah. Dengan mengedipkan mata, Anda bisa membasahi mata secara teratur.

3. Menggunakan filter
Anda bisa menggunakan filter layar yang dapat membantu meminimalisir sinar dari komputer. Sinar yang terlalu kuat dapat membuat mata jadi lelah.

4. Mengatur kontras
Anda bisa melakukan penyesuaian pada kontras dan warna untuk mencegah ketegangan mata.

5. Olahraga mata
Latihan otot mata bisa meringankan rasa lelah pada penglihatan Anda. Intinya, lakukan sedikti perenggangan pada mata seperti menggerakkan mata, berkedip atau pun mengalihlan fokus.

Baca Juga:  Bulimia Nervosa

6. Pijat kelopak mata
Pijat kelopak mata dan otot-otot di sekitarnya dengan lembut. Ini termasuk cara melakukan relaksasi dan meningkatkan sirkulasi. Pijatan ini juga merangsang kelenjar air mata, yang mencegah kekeringan pada mata.

Mata membutuhkan waktu untuk beristirahat sejenak. Luangkan sedikit waktu untuk melakukan relaksasi pada mata. Fokus kerja sih boleh, asal tetap memperhatikan kesehatan juga ya.

7. Palming
Meletakkan tangan menutupi mata agar mata beristirahat. Mengistirahatkan mata dengan sering memejamkan mata merupakan metode yang sama efektif untuk menyegarkan dan melegakan mata.

8. Mengompres mata dengan handuk atau tisu dingin
Rendamlah kain, handuk atau tisu ke dalam air dingin lalu tempatkan di mata, setelah beberapa saat angkat handuk dan ulangi lagi hingga mata terasa segar. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan mata gatal.