Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Varises Pada Kaki

DokterSehat.Com – Varises adalah salah satu gangguan penyakit yang terjadi pada area seputar kaki. Varises merupakan pembuluh darah balik atau dalam istilah dikenal dengan vena yang berfungsi mengembalikan darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh kembali menuju  jantung. Varises ini dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi terhambat pada area disekitar tungkai kaki dan betis saat menahan bobot tubuh yang terjadi akibat dari aktiftas berdiri dan berjalan tegak dalam waktu yang lama, yang akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena pada bagia tubuh bawah.

8

Tanda dan gejala utama varises ini adalah munculnya pembuluh darah vena yang berwarna kebiruan yang nampak terlihat jelas, melebar dan berkelok-kelok. Para penderitanya juga mungkin merasakan sakit, bengkak, berat dan sakit pada bagian kaki terutama betis. Sampai dalam beberapa kasus, terjadi perubahan, pembengkakan hingga borok pada bagian pergelangan.

Bagi kebanyakan penderitanya, varises mungkin merupakan gangguan ringan yang hanya mengganggu secara fisik, namun varises ini dapat pula berpotensi menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan bahkan bisa berubah menjadi kondisi yang serius, untuk itulah sebaiknya mendapatkan penanganan yang benar. Varises ini bisa disebabkan oleh menurunnya tingkat keelastisitasan pada  dinding pembuluh darah balik (vena), sehingga menyebabkan pembuluh darah vena melemah dan tidak mampu mengalirkan darah sisa ke jantung.

Penyebab varises

  • Kelamaan berdiri
    Keseringan berdiri dalam waktu yang lama bisa membuat kaki menjadi tegang sehingga akan mempengaruhi pembuluh darah balik atau vena yang kaku akibat menahan berat bobot tubuh.
  • Kelamaan duduk
    Keseringan duduk juga bukan dapat memicu terjadinya ambien, ternyata duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan varises akibat lengkukan dari lutut pada posisi kaki dalam keadaan tertentu seperti terlipat yang membuat pembuluh darah menjadi terhambat.
  • Celana terlalu ketat
    Celana yang kita gunakan juga akan memicu terjadinya varises karena terlalu ketat biasanya pada bagian pinggul yang akan menyumbatkan pelancaran dari pembuluh darah sehingga kaki akan menimbulkan varises.
  • Faktor usia
    Seiring berlanjutnya usia biasanya keelastisan pembuluh darahnya juga akan mengalami penurunan, dan katup venanya juga akan melemah sehingga darah yang tadinya maju menuju jantung malah akan mundur yang menyebabkan gumpalan dan pembesaran pada pembuluh darah lalu timbulah varises.
Baca Juga:  Vaksin HPV, Seberapa Efektif?

Cara menghilangkan varises

  • Gunakan jeruk nipis
    Ambilah sebuah jeruk nipis untuk dibelah dua kemudian digosok-gosokan pada bagian urat yang menonjol yang dianggap varises. Lakukan hal ini setiap malam sampai varises mulai menghilang.
  • Kacang hijau
    Minumlah rebusan air kacang hijau untuk dikonsumsi 2x sehari pagi dan malam. Kacang hijau mampu membantu mengilangkan varises apabila diminum secara rutin.
  • Lakukan pijatan dengan minyak jarak
    Minyak jarak merupakan hasil tanaman yang sangat kaya akan manfaat, minya ini mampu mengatasi varises dan mencegah timbulnya kembali. Lakukanlah pemijatan bagian varises secara perlahan dengan menggunakan minyak jarak secara rutin dimalam hari sebelum tidur.
  • Menjaga pola makan
    Hindarilah makanan yang mengandung kalori tinggi, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C dan serat kemudian perbanyak minum air putih.
  • Lakukan terapi mengangkat kaki keatas
    Pada saat tidur biasakanlah untuk mengangkat kaki keatas dengan menempelkan kaki pada dinding agar tidak kelelahaan. Lakukanlah minimal 10 menit setiap hari agar pembuluh darah yang tersumbat pada bagian kaki dapat lancar kembali.