Cara Ampuh Mencegah Penyakit Kanker

Dokter Sehat – Kanker dalam bidang kesehatan yaitu suatu penyakit yang di sebabkan sel-sel abnormal yang membelah tidak terkontrol dan dapat membahayakan atau menyerang jaringan tubuh yang sehat, tahukah anda, sel-sel kanker mampu menyebar ke bagian lain dari tubuh kita melalui sistem limfe dan jaringan darah. Menurut data yang berhasil di himpun, ada sekitar 1000 jenis kanker yang sudah terdeteksi menyerang tubuh manusia. Sebenarnya ada berbagai tips yang dapat menangkal kanker. Lalu apa saja tips mencegah penyakit kanker secara mudah?

18

Kanker menjadi salah satu pembunuh terbesar yang mampu mengancam kehidupan semua manusia, untuk itulah pentingnya pengetahuan tentang tips untuk mencegah kanker yang benar. Karena penyakit ini dapat menyerang tubuh tanpa pernah anda sadari serta gejala awal penyakit tersebut tidak mudah terdeteksi.

Cara mencegah kanker :

1.Berhenti merokok
Prof Colditz menyatakan bahwa dengan berhenti merokok, warga Amerika dapat mencegah timbulnya kanker hingga 70%, diantaranya kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker ginjal, kanker kepala dan leher.

2.Hindari alkohol
Alkohol merupakan salah satu pemicu timbulnya kanker hati.

3.Menjaga berat badan
Mengatur pola konsumsi dan asupan kalori sebaiknya diperhatikan, hindari terlalu kurus juga terlalu gemuk. Banyak penyakit yang disebabkan akibat terlalu kurus juga terlalu gemuk.

4.Olahraga teratur
Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau minimal 3x/minggu, olahraga rutin selama 30 menit dapat menurunkan resiko kanker payudara dan kanker usus.

5.Hindari sinar matahari antara pukul 10.00 – 16.00
Sinar matahari memang diperlukan untuk mengolah vitamin D di dalam tubuh, namun, sinar matahari pada jam tersebut memiliki tingkat radiasi sinar UV yang tinggi sehingga dapat memicu terjadinya kanker kulit. Kalau terpaksa harus terpapar maka lindungi diri dengan tabir surya, topi, kacamata, payung, dan lain sebagainya.

6.Konsumsi makanan sehat
Prinsipnya adalah konsumsi makanan yang Aman, Bergizi, Beragam, dan Berimbang sesuai kebutuhan kalori. Konsumsi makanan yang beragam sangat dianjurkan karena tidak ada satu pun makanan di dunia yang memiliki khasiat sempurna dan kandungan gizi terlengkap, mereka saling melengkapi satu sama lain. Akan tetapi, memang terdapat makanan-makanan tertentu yang kaya akan senyawa anti-kanker. Selain lezat, makanan ini juga murah dan efektif menjaga kesehatan. Pada kenyataannya, riset menunjukkan, menambah makanan ini ke dalam diet dapat menurunkan resiko kanker sampai 70%.

Baca Juga:  Demensia, Kenali 5 Tanda Ini Ladies

7.Lada hitam
Piperine, senyawa yang memberi rasa pedas pada lada, secara cepat membunuh sel-sel abnormal tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Untuk mendapatkan khasiat ini, konsumsi 1/4 sendok teh sehari.

8.Kopi
Minum 4 – 6 cangkir kopi berkafein per hari dapat menurunkan resiko kanker mulut, otak, dan kolon sampai 39%, dan menurunkan risiko kanker prostat pria 60%.

9.Delima
Shiuan Chen, Ph.D, kepala biologi sel tumor di City of Hope National Medical Center, California, salah satu rumah sakit kanker terbaik di Amerika menyatakan bahwa delima kaya akan senyawa ellagitannin yang dapat menghentikan penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Konsumsi 118 mL jus Delima per hari untuk mendapatkan khasiat tersebut atau untuk menurunkan risiko kanker paru, perut, kolon, dan serviks hingga 66%. Makanan lain yang juga kaya ellagitannin adalah blackberry, raspberry, strawberry, cranberry, dan walnut.

10.Mangga
Konsumsi mangga hanya 2 kali/minggu dapat membantu menurunkan risiko kanker paru sampai 50% dan kanker kolon hingga 75%, hal ini dikarenakan mangga kaya akan beta karoten, yaitu 921 mcg, sejenis antioksidan ampuh yang melindungi sel-sel dari molekul-molekul yang merusak. Selain itu mangga juga kaya akan senyawa gallotannin, yaitu senyawa yang dapat memicu sel-sel kanker payudara dan kolon menghancurkan diri sendiri. Teh juga kaya akan senyawa ini.

11.Salad sayuran hijau
Sayuran hijau kaya akan phytochemical yang membantu sel-sel tumbuh dan membelah diri secara tepat, ahli Gizi dan juga penulis buku The Color Code, James A. Joseph, PhD, menyatakan bahwa senyawa tersebut juga dapat menetralisir karsinogen (senyawa kanker).

12.Yogurt
Berkat bakteri sehat yang menetralisir toksin perusak payudara, yogurt terbukti menurunkan risiko kanker payudara hingga 25%.