Cara Ampuh Melawan Kanker

DokterSehat.Com – Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang  ditakuti oleh semua orang. Dari berbagai kasus yang ada, beberapa penderitanya berhasil sembuh, namun tidak sedikit juga orang meninggal dikarenakan penyakit kanker ini.



Berdasarkan data dari WHO wilayah Asia Tenggara, setiap tahunnya kanker merenggut sekitar 1,1 juta orang dan dilaporkan terdapat 1,7 juta kasus kanker baru. Namun, kanker bisa dilakukan upaya pencegahan dengan gaya hidup sehat serta diobati jika terdeteksi dini.

Demikian diungkapkan Regional Director, World Health Organization, South East Asia, dr. Poonam Khatrapal Singh seperti dilansir Times of India, Rabu (4/2/2015). Upaya pencegahan dan pengobatan kanker merupakan upaya kerjasama banyak pihak. Mulai dari kebijakan aturan, program kesehatan oleh pemerintah, sektor swasta, komunitas hingga individu sendiri.

Sekitar 30 persen kematian yang disebabkan kanker karena gaya hidup tak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, makan makanan tak sehat, tidak aktif fisik, dan kelebihan berat badan. Lalu, penyebab kanke lainnya disebabkan oleh infeksi  virus seperti virus Hepatitis B, virus Hepatitis C, dan Human papiloma virus yang bisa dicegah.

Konsumsi tembakau diperkirakan menyebaban terjadinya kasus kanker di seluruh dunia hingga 22 persen atau menimbulkan kematian sekitar 8,2 juta orang. Di Asia Tenggara sendiri, kanker paru-paru dan oral menjadi kanker yang paling sering ditemui pada pria, sedangkan kanker payudara dan serviks pada wanita.

Jika kanker bisa terdeteksi dini, sebenarnya bisa dilakukan pengobatan untuk mencegah kematian karena kanker. Misalnya kanker serviks, payudara, dan oral bisa cepat diatasi jika terdeteksi dini. Caranya dengan melakukan screening dan identifikasi tanda dan gejala awal kanker tersebut.

Singh mengharapkan, peringatan Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran dan melakukan tindakan pencegahan serta mendeteksi dini kanker dan mengobati kanker hingga sukses.