Cara Aman Menggunakan Toilet Umum

Doktersehat.com – Toilet umum merupakan fasilitas yang selalu dicari ketika Anda sedang berada di kantor, mal atau tempat lain. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan fasilitas toilet umum. Walaupun terlihat bersih tapi jika diteliti begitu banyak kuman yang dapat menyebabkan sakit. Berbagai kuman seperti E.coli, salmonella, dan virus lainnya dapat menyebabkan flu, gangguan pencernaan, atau skit tenggorokan.



Kuman-kuman yang terdapat pada toilet umum bisa masuk ke dalam tubuh saat Anda menyentuh benda-benda yang ada di toilet tersebut. Pegangan pintu atau keran bisa jadi sarang kuman yang bisa masuk ke dalam tubuh Anda. Berikut tips agar Anda terhindar dari dampak buruk menggunakan toilet umum:

1. Jangan letakkan tas, ponsel, atau dompet Anda di lantai toilet. Gantunglah barang bawaan Anda agar tidak terkontaminasi kuman.

2. Sebelum menggunakan kloset siramlah terlebih dulu untuk membersihkan sisa kotoran dan urine yang masih menempel di kloset.

3. Bersihkan dudukan kloset dengan tisu jika Anda menggunakan kloset duduk.

4. Lapisi dudukan kloset dengan tisu.

5. Jika dudukan kloset terlihat kotor atau basah jangan duduk di atasnya. Anda bisa berjongkok di atas dudukan atau duduk melayang tanpa menempel di kloset. Anda bisa berpegangan pada pintu atau dinding saat melakukannya.

6. usahakan jangan menyentuh secara langsung benda-benda yang ada di toilet. Gunakan tisu untuk membuka pintu atau menekan flush di kloset.

7. Sebelum menekan flush tutuplah kloset dengan memakai tisu. Kuman-kuman dalam kloset dapat keluar dan mengenai Anda jika kloset dibiarkan terbuka. Apabila tidak terdapat penutupnya sebaiknya Anda jauhi kloset saat menekan flush.

8. Cucilah tangan selama 20-30 detik dengan sabun setelah selesai menggunakan kloset.

Baca Juga:  Berbagai Metode Pengobatan Wasir

9. Keringkan tangan dengan tisu.

10. Gunakan cairan alkohol pencuci tangan tanpa pembilas setelah mengeringkan tangan.

Sumber: kumpulan.info.com