Cara Aman Dan Nyaman Mencukur Rambut Kemaluan

DokterSehat.Com – Rambut kemaluan adalah salah satu pelindung organ intim yang penting. Sekalipun letaknya ada di bawah, perawatannya pun tak boleh disepelekan lho. Rambut kemaluan yang bersih tentunya akan membuat nyaman dan jauh dari risiko penyakit.



Anda bisa mencukur rambut kemaluan tanpa rasa sakit dan tidak nyaman kok, Ladies. Dilansir oleh wikihow.com, berikut langkah-langkahnya :

  • Membersihkan dan merawatnya
    Dengan sabun yang lembut, Anda dapat membersihkan area rambut kemaluan. Tetapi ingat bagi para perempuan agar tidak membersihkan area labia dengan sabun karena dapat merusak pH balance yang dibutuhkan oleh vagina. Hindari menaburkan bedak pada vagina karena dapat memperbesar risiko kanker rahim.
  • Saat mencukur
    Pilih pisau cukur yang baru dan bersih untuk mempermudah prosesnya. Regangkan kulit di sekitarnya agar permukaan kulit rata. Mencukur searah tumbuhnya rambut akan mencegah iritasi dan lebih rapi. Hindari mencukur terlalu tipis karena akan melukai kulit kemaluan.
  • Aplikasikan foam
    Gunakan foam cukur, krim atau gel tanpa parfum. Jika Anda memiliki krim khususnya, tentunya lebih baik. Tipsnya: tes foam atau krim di bagian tubuh yang lain untuk mengecek reaksi alergi terhadap kulit.
  • Lembutkan Kulit Sekitar
    Agar rambut kemaluan mudah dicukur, lembutkan dahulu kulit di sekitarnya dengan cara menggunakan air hangat. Anda dapat melakukannya menggunakan handuk yang dicelupkan ke air hangat terlebih dahulu lalu tutupkan ke organ intim Anda selama 1-3 menit.t
  • Merapikan sebelum mencukur
    Pisau cukur didesain untuk mencukur rambut yang pendek. Rapikan dengan cara memotong terlebih dahulu sekitar 0,5 cm. Pilih gunting yang kecil dan tajam, mudah digenggam dan dilengkapi dengan pelindung khusus.