Cara Alami Untuk Mengobati Panas Dalam

DokterSehat.Com – Panas dalam merupakan fenomena alami dan biasa terjadi dalam sehari-hari. Beberapa gejala panas dalam yang timbul antara lain bibir pecah-pecah, bau mulut akibat naiknya gas lambung, kerongkongan terasa sakit dan kering, serta tidak enak badan.

14

Jika panas dalam tiba-tiba datang menyerang, jangan langsung panik. Ada banyak cara yang dilakukan untuk meredakan gejala panas dalam tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan beberapa obat herbal.

Berikut ini beberapa obat herbal yang dapat digunakan untuk meredakan gejala panas dalam :

  • Telur ayam kampung
    Telur ayam kampung dipercaya sejak dulu sbagai makanan sehat dan bisa meningkatkan stamina dan energi pekerja. Telur ayam kampung beda dengan telur ayam buras atau ayam petelur lainnya. Kandungan gizi yang ada dalam telur ayam kampung adalah asam amino, vitamin E, dan lemak omega 3. Asam lemak omega 3 dalam telur kampung 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam lainnya.

    Salah satu manfaat telur ayam kampung adalah untuk mengobati panas dalam secara alami. Caranya yaitu dengan mengambil satu telur dan merebus hingga setengah matang, kemudian campurkan dengan madu dan sedikit serbuk kunyit, dan minum.

  • Mengkonsumsi kacang hijau
    Tidak asing lagi kalau makanan yang satu ini lengkpa dengan gizi dan sangat bagus untuk kesehatan. Anak-anak balita juga sering dijajankan dengan kacang hijau karena untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak. Kandungan kacang hijau adalah protein dan asam amino, mineral (fosfor, zat besi, mangan), vitamin (A dan B1), dan sisanya lemak. Karena mengandung sejumlah zat nutrisi ini maka kacang hijau bermanfaat untuk mengobati panas dalam, beri-beri, radang ginjal, mengobati tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung.

    Cara mengolah kacang hijau agar menjadi makanan enak adalah dengan merebusnya hingga lunak dan memberikan sedikit gula atau jahe.

  • Air rebus rambut jagungRambut ajgung adalah bagian yang seringkali kita abaikan setiap kita membeli jagung, kita hanya makan jagung saja, sementara air rebusannya dan rambut jagung kita sisihkan. Sebenarnya rambut jagung sangat bermanfaat untuk meredakan panas dalam. Ini karena komponen yang terkandung dalam jagung sangat bagus sekali yaitu komponen flavonoid dan tanin yang dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

    Caranya adalah dengan merebus rambut jagung kemudian ambil iarnya dan diminum. Anda bisa juga merebusnya bersama jagung agar lebih manis airnya atau bersama jahe.

  • Air kelapa hijau
    Kandungan air kelapa hijau sungguh luar biasa khasiatnya, ini tidka terlepas dari kandungannya yang luar biasa seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Selain itu, air kelapa muda hijau juga mengandung asam amino glutamat, arginin, leusin, lisin, prolin, asam aspartat, alanin, histidin, fenilalanin, serin, sistin, dan tirosin.

    Disamping itu, air kelapa hijau juga mengandung vitamin-vitamin seperti vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat. Tak hanya itu tetapi juga mengandung banyak mineral seperti potasium (kalium), kalsium, magnesium, dan klorida. Dari sekian banyak kandungan dalam air kelapa hijau, sehingga air kelapa hijau dikatakan sebagai isotonik yang mampu membuat menggantikan cairan tubuh.