Cara Alami Tingkatkan Hormon Progesteron Rendah

doktersehat-hamil-kehamilan

DokterSehat.Com– Hormon progesteron pada wanita memiliki fungsi yag sangat penting, terutama fungsi reproduksi. Hormon progesteron membantu mempersiapkan tubuh untuk menyambut kehamilan, mengatur siklus haid dan memengaruhi libido. Beberapa wanita yang memiliki hormon progesteron rendah umumnya mengalmai kesulitan hamil.

Efek dan penyebab hormon progesteron rendah pada wanita

Wanita yang memiliki hormon progesteron rendah umumnya rentan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Pada wanita hamil, hormon progesteron rendah dapat menyebabkan kehamilan ektopik yang berakibat pada keguguran atau kematian janin.

Sedangkan penyebab hormon progesteron rendah ada bermacam-macam, di antaranya menopause, kurang aktivitas dan nutrisi yang sehat, meningkatnya hormon estrogen dan mengalami resistansi insulin. Beberapa penyebab lainnya adalah wanita mengalami pengobatan tertentu dan adanya masalah pada ovarium.

Cara alami meningkatkan hormon estrogen

Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, terapi hormon estrogen dapat membantu peluang kehamilan lebih besar. Ada banyak cara untuk meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh Anda mulai dari yang alami hingga menggunakan obat-obatan.

Anda juga dapat meningkatkan hormon estrogen dengan cara alami. Namun sebenarnya tidak ada makanan yang mengandung hormon progesteron. Bagi Anda yang ingin meningkatkan hormon estrogen secara alami, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1. Makan makanan yang kaya mineral seperti seng, selenium, magnesium, bayam, biji-bijian dan kacang-kacangan.
2. Hindari minum alkohol dan kafein
3. Lakukan diet seimbang dan berolahraga untuk menurunkan berat badan yang berlebih
4. Kelola stres dengan baik. Hormon kortisol dapat mengurangi kadar hormon progesteron
5. Perbanyak makanan berserat dan hindari makanan olahan

Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan terapi hormon estrogen. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda dan terapi apa yang sebaiknya dilakukan.