Cara Alami Redakan Flu

Doktersehat.com – Flu menjadi penyakit yang “populer” saat musim hujan. Virus flu membuat tenggorokan menjadi gatal dan sakit saat menelan. Tak hanya itu saja, flu kerap kali disertai dengan pilek dan nyeri otot. Meskipun penyakit ini tidak berbahaya, namun flu dapat mengganggu aktivitas Anda. Agar flu cepat pulih, cobalah tips alami berikut ini:



1. Istirahat

Seseorang yang memiliki sistem imunitas yang lemah dapat dengan mudah terserang flu. Bila flu menyerang hal utama yang harus Anda lakukan adalah beristirahat. Saat flu istirahat berguna untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

2. Bersihkan lendir

Biasanya hidung akan dipenuhi lendir saat flu menyerang. Membiarkan lendir dalam hidung dapat memicu infeksi oleh karena itu bersihkan lendir tiap kali lendir menumpuk di hidung.

3. Berkumur

Tenggorokan yang terasa tidak menyenangkan bisa diatasi dengan berkumur air hangat yang dicampur berbagai bumbu atau rempah, seperti garam mineral, cuka apel, kunyit, jahe, dan sage. Lakukan emapat kali sehari untuk meredakan flu.

4. Minum air hangat

Perbanyaklah mengonsumsi cairan selama flu. Cairan hangat jauh lebih baik karena mampu mengurangi hidung tersumbat, melegakan radang tenggorokan, dan mencegah dehidrasi. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat mengencerkan lendir.

5. Penguapan

Penguapan merupakan cara tradisional untuk meredakan flu. Caranya, campur rempah-rempah seperti jahe, kunyit, atau minyak kayu putih dalam baskom yang terisi air panas lalu tempatkan wajah di atasnya dengan kepala tertutup handuk.

6. Menghirup mentol

Balsam bermentol atau minyak kayu putih yang dioleskan dekat lubang hidung dapat meredakan hidung tersumbat dan membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.

7. Tinggikan bantal

Baca Juga:  8 Kebiasaan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Langsing

Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari dada mampu mengurangi pembentukan lendir. Sebaiknya gunakan bantal bertumpuk dengan wajah menghadap langit-langit.

8. Menghirup bawang

Hidung tersumbat akibat flu juga dapat diatasi dengan mencium bau bawang. Bawang merupakan katalis yang berfungsi mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Anda bisa mencobanya dengan meletakkan bawang di sekitar bawah hidung selama sekitar lima menit.

9. Makanan pedas

Cabai merupakan sumber capsaicin yang dapat membantu membersihkan rongga hidung. Saat flu sebaiknyacampurkan cabai ke dalam sup yang akan dikonsumsi.

10. Vitamin C

Perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C untuk mengurangi efek buruk flu.

11. Sarapan

Sarapan tidak hanya menambah energi saja, tapi juga meningkatkan kadar gamma interferon yang berfungsi sebagai antivirus alami.

12. Olahraga ringan

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa olahraga ringan mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena meningkatnya produksi sel darah putih. Berolahraga ringan dapat mencegah flu dan mempercepat penyembuhan bagi seseorang yang telah terserang virus flu. Agar tubuh lebih fit Anda bisa melakukan meditasi atau senam.

13. Konsumsi makanan tinggi protein

Menurut ahli gizi, dr Sarah Schenker, makanan tinggi protein baik untuk memperkuat daya tahan tubuh.

14. Hangatkan diri

Menggunakan pakaian hangat dipercaya mampu melawan flu. Sebaiknya pakai pakaian yang lebih longgar untuk melancarkan peredaran darah.

Dari berbagai sumber