Cara Alami Mengobati Sakit Mata

DokterSehat.com – Mata merupakan salah satu indera yang sangat penting dalam melancarkan kegiatan kita sehari-hari. Bila mata sakit tentu saja aktivitas menjadi terganggu.



Sakit mata merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebutkan adanya gangguan mata yang dikibatkan oleh iritasi karena infeksi virus, polusi, atau benda-benda kotor.

Bila penyebab sakit mata adalah virus maka berisiko menularkan kepada orang lain. Penularan akan terjadi bila terjadi kontak langsung dengan cairan mata, bahkan cairan tubuh lain dari penderita sakit mata akibat virus.

Untuk mengatasinya Anda bisa mengobati mata dengan bahan alami, yakni daun sirih. Caranya, siapkan sekitar 5 helai atau lebih daun sirih lalu potong-potong dengan tangan dan letakkan pada wadah yang agak besar. Kemudian, rebus sekitar 4 gelas air hingga mendidih. Setelah itu tuangkan air mendidih dalam wadah yang berisi potongan-potongan daun sirih tadi, aduk daun sirih dan air hingga merata. Bila sudah merata, tunggu  air hingga menjadi hangat. Lanjutkan dengan menyaring air hingga terpisah dengan daun sirihnya. Setelah itu segera rendam dan bersihkan mata. Lakukan selama 2 menit pada setiap bagian mata dan ulangi terus hingga mata terasa bersih.

Jika mata masih sakit maka obati dengan cara seperti di atas sebanyak 2 kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara teratur supaya sakit mata yang Anda derita segera sembuh.

Daun sirih memang memiliki khasiat yang sangat banyak sebagai antibiotik, yakni mematikan bakteri dan virus yang bisa mengganggu kesehatan manusia. Metode penyembuhan sakit mata secara alami ini umumnya dapat memulihkan mata kurang dari 1 minggu.