Cara Alami Menghilangkan Bau Menyengat di Vagina

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Bau tidak sedap pada vagina terkadang masih muncul meskipun sudah sering dibersihkan. Biasanya vagina yang berbau disebabkan oleh kombinasi sekresi vagina, apocrine, keringat accrine, dan faktor eksternal seperti urin atau feses.

Bau menyengat pada vagina juga bisa disebabkan adanya infeksi atau penyakit kelamin seperti keputihan yang berlebihan. Bahan celana dalam yang tidak menyerap keringat dengan baik dan penggunaan sabun pembersih yang berlebihan juga dapat memicu munculnya bau tidak sedap pada vagina. Untuk mengatasinya Anda bisa memakai bahan alami berikut ini:

Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung euganol yang mampu membubuh kuman dan jamur penyebab bau tak sedap di vagina. Kandungan minyak atsiri dalam kemangi juga mampu mengharumkan vagina. Namun, sebaiknya daun kemangi tidak digunakan seperti sabun yang langsung dibilas di vagina karena dapat membuat vagina kering.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal daun kemangi bisa dimakan langsung atau diolah menjadi minuman. Sebagai pengobatan air hasil tumbukkan daun kemangi bisa dikonsumsi setiap hari. Setelah terlihat hasil positif, Anda bisa mengonsumsi air sari kemangi setiap dua minggu sekali. Namun, kemangi tidak disarankan bagi penderita asam urat karena dapat memperburuk penyakitnya.

Daun Sirih

Daun sirih juga mengandung euganol dan antiseptik yang bermanfaat untuk membasmi kuman penyebab bau menyengat di vagina. Pengolahan daun sirih menjadi obat penghilang bau di vagina sangatlah mudah. Anda hanya merebus 5-10 lembar daun dalam 350 cc air lalu biarkan hingga menjadi setengahnya. Kemudian bilaslah vagina dngan air rebusan daun sirih yang sudah dingin setipa pagi dan sebelum tidur. Lakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan vagina wangi dan kesat.

Daun Pandan

Daun pandan juga mengandung euganol dan minyak atsiri yang dapat membuat vagina menjadi lebih wangi. Daun pandan sebaiknya diolah menjadi minuman untuk menghilangkan bau tidak sedap di vagina. Caranya, ambil 10 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih lalu ditumpuk hingga halus. Saring daun yang sudah halus untuk diambil sarinya. Campurkan sedikit garam dan satu sendok teh madu agar lebih nikmat. Minumlah air sari daun pandan setiap hari sebelum tidur selama dua minggu. Setelah diperoleh hasil yang sesuai, cukup dikonsumsi 2-3 kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya untuk mengharumkan vagina tidak boleh langsung dibilas ke organ intim karena dapat mengeringkan vagina. Sebaiknya lidah buaya diolah menjadi minuman. Caranya, tumbuk lidah buaya yang sudah dicuci bersih hingga halus. Tambahkan sedikit madu agar lebih nikmat diminum. Minumlah setiap hari selama 2 minggu sebelum tidur malam. Jika telah mendapatkan hasil yang diinginkan dapat diminum 2-3 kali dalam seminggu.

Dari berbagai sumber

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. cika

    Dok bagaimana mengatasi keputihan yang bau? Dan saat berhubungan dengan suami saya keluar cairan seperti keputihan dan bau menyengat, saya jadi kurang pd melayani suami saya, mohon dibantu dok

    1. Ratih

      Dok saya mau tanya ko vagina saya bau trus suka keluar putih”kaya susu basi kental . Padahal saya udah pake pencuci daun sirih . Mohon bantuan ya dok

  2. dr. Vanny Bernadus

    keputihan yg gatal, berbau, berwarna menandakan adanya infeksi pada saluran reproduksi. sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan . trims

  3. Musriani

    Dok, kenapa yach Miss V aku berbau tak sedap n menyengat? PdahaL Miss V saya gk mngeLuarkan keputihan, ttapi sx keseringan buang air keciL Dok, ap yach dok pnyebabnya, Dok Minta soLusinya donk??

  4. Ayu.

    Dok mau minta tolong, knpa vagina sya berbau padahal sy sdh pakai daun sirih, and keluar cairan putih dri vagina sya, sejak mengololah daun siri.

    Terus aku harus apa ini dok mohon petunjuk yha biar vagina sy tak berbau, tolong solusi yhaaa. . .

  5. dr. Vanny Bernadus

    karena itu semua kotoran. dan umumnya darah memang berbau amis..trims

  6. dr. Vanny Bernadus

    perhatikan higienitasnya. keringkan area kewanitaan anda dengan tissue setiap habis buang air kecil atau besar. trims

  7. dr. Vanny Bernadus

    Perhatikan higienitasnya. Bila semakin muncul keluhan, sebaiknya hentukan pemakaian daun sirih. bersihkan dengan pembersih kewanitaan yg mengandung antiseptik. trims

    1. Hilda Krismalisa

      Dok , saya mau tanyak kenapa setiap saya berhubungan intim saya mengeluarkan cairan yang warna putih beserta bening gitu dok. Apa saya harus konsultasi sama dokter ? Atau bagaimana dok sarannya ? Trmksih

  8. aina

    Dok… gimna ya..miss v sya berbau g sedp..dn mengluarkn cairan encer.. gimn solusinya…

    1. Dr. Eko

      Selamat pagi Aina, apakah terasa gatal? apakah cairannya berwarna seperti susu pecah?
      silakan periksa ke dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan resep bila perlu

      Harap menghindari cairan pembersih yg dijual bebas karena dapat memperparah keputihan
      Terima kasih

  9. Hilda Krismalisa

    Dok , saya mau tanyak kenapa setiap saya selesai berhubungan intim saya mengeluarkan cairan yang brwarna putih beserta bening gitu dok. Apa saya harus konsultasi sama dokter ? Atau bagaimana dok sarannya ? Trmksih

    1. Dr. Eko

      Selamat Malam Hilda Krismalisa
      Maaf, apakah cairan putih bening yang anda maksud berbau tidak sedap? atau berbau asam?
      dan apakah anda pernah mengalami keputihan? atau vagina terasa gatal atau perih?
      atau setelah hubungan keluar bercak darah?

      Bila anda tidak mengalami hal-hal yang saya tanyakan diatas, bisa jadi cairan yang anda ceritakan tadi merupakan hal yang wajar, bisa berasal dari lubrikasi yang diproduksi oleh vagina, ataupun air mani pasangan yang merembes keluar
      Terima kasih

      1. hildakrismanisa

        Saya tidak pernah merasakan gatal pada vagina dok , tetapi saya biasanya keputihan. Kadang jg berwarna agak kekuningan. Tapi sekali lagi tidak pernah gatal , dan kadang berbau tidk sedap dok jika wrna agak kekuningan. Dan jika slesai brhbungan intim , suka mngeluarkan cairan banyak, apa itu sperma dr si laki-laki keluar ? Atau bagaimana dok ?

  10. Nina

    Malam dok,sy mao ty knp vagina sy bau,sy sudah berobat k Dr.spog & Dr.spkk hasilnya masi aja bau dok,hasil lab semua bagus,keputihan hanya saat mau menstruasi aja,kira” knp ya dok?hrs berobat k mana sy dok?kr sejak bagina bau suami enggan menggauli sy dok…sblmnya terima kasih atas jawabannya dok….

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Nina
      Apakah bau yang dikeluhkan juga anda rasakan? Ataukah dirasakan sepihak oleh suami?

      Pemeriksaan lab apa saja yang sudah anda lakukan?

      Apakah sudah pernah dilakukan atau pengecatan gram pada hapusan vagina (permukaan vagina anda dihapus dengan lidi kapas oleh dokter, saat anda diperiksa oleh dokter SpOG, lalu hasil hapusannya diperiksa dengan mikroskop)?

      bila belum pernah diperiksa pengecatan hapusan vagina, sebaiknya diperiksa, supaya jelas diketahui mikroorganisme apa yang menyebabkan bau
      Terima kasih

  11. Tesa

    Dok saya mau tanya knp keputihan sya brwrna kuning dan bnyak , berbau bsuk , gatal di area X ?

    1. dr. Eko B

      Selamat Siang Tesa
      Keluhan yang anda alami dpaat disebabkan karena infeksi bakteri atau trichomonas pada vagina
      silakan periksa ke dokter terdekat untuk pengobatan yang sesuai
      terima kasih

  12. vanya

    Dok …
    Saaya mau tanya dongg ..
    Kenapa ya dok stiap saya habis mens dan lalu saya berhubungan dgn suami saya lalu vagina saya terasa perihh dan mengeluarkan bau tak sedap ya dok . Trs kaya ada cairan warnanya agak kekuning2an dok .
    Apa ya dok solusinya ?
    Tdimakasih

    1. dr. Eko B

      Selamat sore vanya
      rasa perih dapat disebabkan karena pelumasan yang kurang baik pada saat sekitar menstruasi
      sedangkan bau tidak sedap dapat disebabkan karena pada saat menstruasi banyak sisa darah yanng bisa menjadi media pertumbuhan kuman
      sebaiknya periksa ke dokter bila cairan kekuningan tidak kunjung sembuh karena dicurigai terjadi infeksi
      terima kasih

  13. Ra aprilia

    Dok saya mau tanya saya keputihan bentuknya cairan dan gumpalan putih kecil. Itu udah berlangsung 4 bulan sudah dirawat dengan rebusan daun sirih tapi tidak sembuh semula bau seperti tape tapi akhir2 ini berbau seperti pandan knp y dok bs sprti itu.

  14. ayu

    sya ayu
    sya mau tanya dok vagina sya mengeluarkn keputihan dan vagina sya jg berbau tidk sedap dan terasa perih.
    itu knp yh dok ?
    trima ksh

Leave a Comment