Cara Alami Menghilangkan Bau Menyengat di Vagina

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Bau tidak sedap pada vagina terkadang masih muncul meskipun sudah sering dibersihkan. Biasanya vagina yang berbau disebabkan oleh kombinasi sekresi vagina, apocrine, keringat accrine, dan faktor eksternal seperti urin atau feses.

Bau menyengat pada vagina juga bisa disebabkan adanya infeksi atau penyakit kelamin seperti keputihan yang berlebihan. Bahan celana dalam yang tidak menyerap keringat dengan baik dan penggunaan sabun pembersih yang berlebihan juga dapat memicu munculnya bau tidak sedap pada vagina. Untuk mengatasinya Anda bisa memakai bahan alami berikut ini:

Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung euganol yang mampu membubuh kuman dan jamur penyebab bau tak sedap di vagina. Kandungan minyak atsiri dalam kemangi juga mampu mengharumkan vagina. Namun, sebaiknya daun kemangi tidak digunakan seperti sabun yang langsung dibilas di vagina karena dapat membuat vagina kering.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal daun kemangi bisa dimakan langsung atau diolah menjadi minuman. Sebagai pengobatan air hasil tumbukkan daun kemangi bisa dikonsumsi setiap hari. Setelah terlihat hasil positif, Anda bisa mengonsumsi air sari kemangi setiap dua minggu sekali. Namun, kemangi tidak disarankan bagi penderita asam urat karena dapat memperburuk penyakitnya.

Daun Sirih

Daun sirih juga mengandung euganol dan antiseptik yang bermanfaat untuk membasmi kuman penyebab bau menyengat di vagina. Pengolahan daun sirih menjadi obat penghilang bau di vagina sangatlah mudah. Anda hanya merebus 5-10 lembar daun dalam 350 cc air lalu biarkan hingga menjadi setengahnya. Kemudian bilaslah vagina dngan air rebusan daun sirih yang sudah dingin setipa pagi dan sebelum tidur. Lakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan vagina wangi dan kesat.

Daun Pandan

Baca Juga:  Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak

Daun pandan juga mengandung euganol dan minyak atsiri yang dapat membuat vagina menjadi lebih wangi. Daun pandan sebaiknya diolah menjadi minuman untuk menghilangkan bau tidak sedap di vagina. Caranya, ambil 10 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih lalu ditumpuk hingga halus. Saring daun yang sudah halus untuk diambil sarinya. Campurkan sedikit garam dan satu sendok teh madu agar lebih nikmat. Minumlah air sari daun pandan setiap hari sebelum tidur selama dua minggu. Setelah diperoleh hasil yang sesuai, cukup dikonsumsi 2-3 kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya untuk mengharumkan vagina tidak boleh langsung dibilas ke organ intim karena dapat mengeringkan vagina. Sebaiknya lidah buaya diolah menjadi minuman. Caranya, tumbuk lidah buaya yang sudah dicuci bersih hingga halus. Tambahkan sedikit madu agar lebih nikmat diminum. Minumlah setiap hari selama 2 minggu sebelum tidur malam. Jika telah mendapatkan hasil yang diinginkan dapat diminum 2-3 kali dalam seminggu.

Dari berbagai sumber

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. cipie

    Dok, kenapa akhir2 ini miss V saya jd berbau ya setelah selesai mens… apalagi kalau pulang kerja bau banget. blm lama ini dok sya alami sekitar 2 bulan. trims

    1. Dokter Eko B

      Selamat pagi Cipie
      keputihan yang berbau salah satunya bisa disebabkan karena infeksi bakteri yang disebut keadaan bacterial vaginosis
      silakan periksa ke DOkter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan
      terima kasih

  2. desi prastiwi

    Dok saya mau tanya, udh bbrpa hri ni miss v ku suka ngeluarim cairan byak tp warna keruh gitu dan cair d tambah ada bau yg tidak sedap. Kira2 knp ya dok? Mohon solusinya.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      kemungkinan anda megalami infeksi keputihan yang disebabkan bakteri.untuk tatalakananya silahkan melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat
      terimakasih

  3. princess cika

    mau tanya dok kenapa setiap saya habis berhubungan intim mengeluarkan bau tidak sedap seperti kerupuk udang ya ? pdahal sehari” saya tidak mengalami keputihan , hanya setelah berubungan intim saja dok , solusi yg tepat untuk mengatasinya bagaimana dok ?

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Cika
      keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena infeksi bakteri ataupun trichomonas
      silakan periksa ke Dokter terdekat
      terima kasih

  4. ria lastia

    knp ya dok akhir2 ini saya mengalmi bau tak sedap pada ms v. padahal tidak keputihan..terus bgaimana mengatasinya.ap harus mengonsumso obat

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *