Cara Alami Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Menyusui menjadi salah satu tugas mulia Ibu. Dengan memberikan ASI eksklusif berarti ibu telah membantu mencerdaskan dan menjaga kesehatan si keci. Sayangnya, aktivitas menyusui terkadang bisa membuat payudara ibu menjadi kendur.

Payudara merupakan salah satu aset yang harus dijaga keindahannya. Oleh  k arena itu, tak ada salahnya ibu melakukan perawatan payudara setelah menyelesaikan tugas mulia, memberikan ASI untuk si kecil. Berikut ini cara alami yang bisa membantu mengencangkan payudara kembali setelah menyusui:

Mengonsumsi pepaya

Pepaya muda memiliki kandungan enzim yang dapat membantu dalam pertumbuhan payudara. Selain itu, enzim pepaya juga mengandung vitamin A dan hormon pengencang yang bisa merangsang produksi hormon wanita (estrogen, progesteron, dan prolaktin), serta memperlancar kelenjar susu dan mengencangkan payudara. Caranya, buat jus pepaya mangkal sebanyak satu mangkuk. Anda bisa menambahkan susu kedelai, madu atau perasan jeruk nipis dalam jus pepaya. Minum secara teratur dua hari sekali. Kandungan phyto-estrogen kedelai sangat baik untuk payudara.

Masker payudara

Usaha mengencangkan payudara juga bisa dilakukan dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan tepung beras atau Amylum Oryzae. Tepung ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit, mengencangkan payudara, dan memperindah bentuk payudara , serta memperlambat penuaan dini. Berikut ini tahapan melakukan masker payudara:

  • Berbaringlah dengan posisi telentang
  • Bersihkan payudara menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat sebelumnya
  • Usapkan dengan lembut pada kulit kemudian keringkan
  • Sebelum dimasker, oleskan terlebih dahulu minyak bulus disertai pijatan perlahan selama 10 sampai 15 menit
  • Bersihkan payudara dengan handuk basah kemudian keringkan
  • Tutup puting susu dengan kapas yang sudah dibasahi
  • Oleskan merata masker tepung beras yang sudah dicampur air mawar dengan kuas. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai mengering.
  • Bilas payudara dengan air hangat hingga bersih, kemudian kompreslah dengan es. Beri tepukan lembut pada payudara dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan masker payudara seminggu sekali, berturut-turut, selama 10 minggu.

Olah raga

Bagian payudara juga membutuhkan olahraga atau senam untuk merangsang otot-otot pektoralis mayor dan minor sebagai penggantung payudara. Aliran darah yang lancar serta otot penggantung yang kencang bisa membuat payudara menjadi lebih bugar, kencang, dan terangkat.

Lakukanlah latihan yang bisa merangsang pembesaran otot-otot pektoralis. Dengan berkembang dan membesarkan otot ini, secara otomatis akan menambah ukuran payudara.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

    1. Obat pembesar payudara

      Sebelumnya hanya dengan cara operasi tetapi sangat beresiko, seiring kemajuan ilmiah, banyak wanita saat ini menggunakan obat pembesar payudara sangat efektif yakni mengunakan cream herbal, mudah digunakan cukup mengoleskan bagian yang diinginkan.

      Juga menggunakan alat pembesar payudara vakum payudara yang terbukti aman tanpa efek samping sebagai perawatan dan pengencang payudara kendor terutama setelah menyusui.

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  1. niken

    Mksd a pepaya muda itu udah matang at msh mentah ya????
    Kalo masihh menyusui gimana ya bleh bwt just pepaya g ya???

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Papaya muda itu papaya mentah. Saat menyusui juga boleh makan sup papaya muda/jus krn merangsang hormon prolactin Yg dpt menambah produksi ASI. trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. ayu rismanda

    Kalo diblender cuman dikasih jeruk nipis saja boleh ato tidak ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment