Cara Alami Mengatasi Jerawat

DokterSehat.com– Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada wajah. Tumbuhnya jerawat ini dapat mengganggu penampilan Anda. Meski sebagian orang tidak peduli, namun banyak juga yang mengkhawatirkan jerawat pada wajahnya. Hal ini dikarenakan ada beberapa tipe jerawat, ada yang hanya dalam beberapa hari akan hilang begitu saja, namun ada pula jenis jerawat yang sering muncul lagi dan lagi, hingga hampir menyeluruh pada wajahnya.



Pada umumnya tumbuhnya jerawat disebabkan oleh permukaan kulit wajah yang berminyak serta berpori-pori besar dan berminyak yang akan menyebabkan kelenjar minyak tidak dapat keluar dengan sempurna. Ada pula beberapa kondisi yang dapat mendatangkan jerawat, misalnya yang dialami oleh sebagian wanita menjelang atau sesudah menstruasi. Untuk mengobati jerawat ada berbagai jenis kosmetik yang beredar di pasaran mulai dari harga yang murah hingga harga yang melangit. Namun sebenarnya ada cara yang alami dan sederhana untuk mengatasinya.

Kunyit asam

Kunyit dipercaya untuk memperbaiki kondisi kesehatan. Kandungan curcuminoid berperan aktif dalam memperbaiki metabolisme dan jaringan dalam tubuh, termasuk kulit. Sedangkan cara yang dilakukan untuk mengobati jerawat adalah dengan menempelkannya langsung pada bagian wajah yang terkena jerawat. Sediakan kunyit secukupnya, cuci hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut oleskan pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama semalaman, kemudian bersihkan keesokan harinya. Lakukan rutin setiap malam. Namun jika Anda merasa kurang nyaman dengan warna kuning pada bekasnya, ada satu lagi jenis obat tradisisonal yang dapat digunakan.

Daun sirih

Kandungan antiseptik pada daun sirih dapat digunakan untuk mengeringkan jerawat yang meradang. Daun sirih yang sudah dicuci bersih ditumbuk hingga halus dancampurkan dengn air secukupnya, disaring, dan diperas. Ampas daun tersebut dapat digunakan sebagai masker di malam hari. Sedangkan air perasannya dapat digunakan untuk mencuci muka pada pagi hari. Selain itu, dapat juga dengan cara merebus daun sirih. Air rebusan tersebut oleskan pada bagian jerawat. Dengan pemakaian yang teratur, jerawat akan berangsur-angsur mengering dan hilang.

Baca Juga:  Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Konjungtivitis (Mata Pink)