Cara Alami Mengatasi Bau Badan

Doktersehat.com-  Seseorang yang mempunyai masalah dengan bau badan hamper semua selalu pusat perhatian. Bukan karena disukai oleh banyak orang tapi karena bau ruangan yang semual wangi tiba-tiba berubah menjadi seperti bau kaos kaki. Sangat tidak nyaman apabila ada bau bdan yang menyengat disekitar kita. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah bau badan yang keluar dari tubuh.



Sejak masa puber, tubuh kita mengeluarkan bau khas disekitar ketiak, kaki, dan alat kelamin. Hal ini menyebabkan seseorang menjadi rendah diri dan merasa tidak pede. Bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh tubuh dikarenakan adanya bakteri yang bercampur dengan keringat. Cara yang paling sederhana untuk mengurangi bau tidak sedap yaitu dengan mandi secara teratur.

Tapi meskipun sudah rajin mandi, dalam beberapa kasus masih ada seseorang yang menderita akibat bau badan. Bagi yang memiliki masalah seperti kasus ini, ramuan tradisional dari para leluhur patut dicoba.

Daun sirih

Daun sirih yang dikenal berkhasiat sebagai anti septik juga diketahui mengandung zat-zat aktif yang mampu menghilang bau badan. Tanaman ini dikenal ampuh menghilangkan bau badan terutama yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Kandungan yang terdapat dalam daun sirih ini antaralain kadinen, kavinol, sineol, eogenol, karvakol, dan zat samak.

Cara penggunaannya adalah rendam beberapa daun sirih dengan air panas, setelah dingin airnya diminum. Dapat juga ditambahkan gula putih untuk menambah rasa. Cara lain adalah dengan menghaluskan daun sirih dengan kapur kemudian dioleskan ke ketiak.

Daun kemangi

Zat aktif yang terkandung dalam daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptic. Daun ini biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan. Kemangi juga mengandung zat yang meningkatkan selera makan. Bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi, mengkonsumsi kemangi pagi dan sore dapat menghindarkan bau tak sedap yang sering menimpa perempuan haid.

Baca Juga:  Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Temulawak

Zat yang terkandung dalam temulawak adalah sapomin, flavoinoida dan minyak asiri yang berkhasiat menghilangkan bau badan. Caranya temulawak dipotong halus-halus lalu direbus, kemudian minum air rebusan itu. Atau dengan cara lain air perasan temulawak diparut bisa ditambahkan sedikit gula lalu diminum. Parutan temulawak juga dapat dibalurkan keseluruh tubuh, dan diamkan hingga kering kemudian bilas dengan air bersih.

Jeruk purut

Kulit jeruk purut mengandung minyak asiri yang berbau harum. Jeruk purut dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cara meminum sari campuran jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersam-sama dengan air secukupnya.

Jeruk nipis

Jeruk nipis juga dapat difungsikan sebagai penghilang bau badan. Caranya campur air jeruk nipis dengan kapur sirih lalu digosokkan dibagian tertentu.

 Jahe

Mengkonsumsi Jahe segar dipercaya oleh orang india dapat menghilangkan bau badan dan mendekatkan kepada aura spiritual. Wedang jahe jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu menghilangkan bau badan.

Cengkeh

Rendam bunga cengkeh sampai mengembang kemudian minum air rendaman tersebut. Selain berfungsi untuk menghilangkan bau badan bunga cengkeh juga berfungsi sebagai minuman segar dan penghangat badan. Caranya tambahkan gula merah ke dalam rebusan cengkeh tersebut

Sumber:detikhealth.com&arhamvhy.blogspot.com