Cara Alami Hilangkan Jerawat Batu

DokterSehat.com – Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang paling susah dihilangkan. Biasanya jerawat batu berbentuk besar, sakit, dan bisa menyebabkan peradangan bila tidak segera diatasi.



Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya jerawat batu, antara lain faktor ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan, obat-obatan tertentu, diet, stres, polusi, debu, atau penggunaan kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Diperlukan perawatan ekstra pada jerawat batu guna mengurangi peradangan dan mencegah perkembangan jerawat. Berikut ini beberapa cara alternatif yang bisa Anda coba untuk menghilangkan jerawat:

1. Baking Soda
Baking soda dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Tambahkan setengah sendok teh baking soda dengan air untuk membuat pasta tebal. Anda juga bisa mencampurkan sedikit garam laut ke dalam pasta. Oleskan campuran ini pada daerah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Hal ini bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dari daerah tersebut dan mencegah jerawat lebih lanjut.

2. Kentang
Kandungan alkali dalam kentang mampu menyingkirkan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Irislah kentang mentah hingga setengah bagian lalu gosoklah kulit yang berjerawat dengan potongan kentang tadi. Atau jus kentang dan oleskan pada kulit berjerawat. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

3.Telur
Putih telur juga efektif mengatasi jerawat. Caranya, campurkan putih telur dengan beberapa tetes madu. Oleskan daerah yang berjerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Cara ini dipercaya ampuh mengurangi jerawat dan menenangkan daerah yang mengalami jerawat.

4. Madu dan Kunyit
Campuran kunyit, madu, dan air jeruk nipis efektif mengobati jerawat batu dewasa. Cara ini juga ampuh mengurangi peradangan dan memiliki efek menenangkan pada kulit.

Baca Juga:  Mengapa Perut Berbunyi?

5.Lidah Buaya

Oleskan kulit dengan daging lidah buaya yang sudah dibersihkan dari kulitnya. Lakukan tiap pagi dan sore. Bila Anda rajin mengoleskannya maka jerawat akan mengering dan mengelupas selama 3 hari. Bekas jerawat pun bisa hilang dengan lidah buaya.