Cara Alami Cerahkan Kulit

Doktersehat.com – Radiasi sinar UV memang dapat membahayakan kesehatan kulit Anda. Ada dua radiasi sinar UV yang harus diwaspadai yakni UVA dan UVB. Radiasi UVA dapat memicu penuaan dini, sementara UVB dapat menyebabkan kulit terbakar atau menghitam.



Warna kulit yang gelap akibat radiasi sinar UV dapat mengganggu penampilan Anda. Berikut bahan alami yang bisa mencerahkan kembali kulit Anda:

1.  Kentang
Kandungan enzim catecholase yang terdapat dalam kentang mampu mencerahkan kulit Anda. Caranya sangat mudah, parut kentang hingga halus lalu oles rata pada wajah sampai kering. Jika kentang sudah mengering oleskan lagi kentang yang sudah diparut tadi. Ulangi sampai mencapai tiga lapisan. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

2. Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mempercepat proses pergantian sel dan kulit serta menyamarkan noda hitam.

Campur pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu. Rendam kain bersih dalam air. Peras kain kemudian letakkan pepaya di atasnya. Taruh kain yang sudah diberi pepaya di atas wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lanjutkan dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori. Lakukan seminggu sekali.

3. Ketimun

Ketimun kaya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit wajah dan ketiak. Caranya oleskan parutan ketimun pada wajah dan leher. Agar lebih segar simpan ketimun dalam lemari pendingin satu malam sebelumnya.

Ketimun juga bisa mengatasi kantung mata yang menghitam. Tutup mata dengan irisan ketimun yang dingin selama 15 – 20 menit.

4. Beras

Beras mengandung PABA (para aminobenzoic acid) yang berfungsi sebagai tabir surya alami yang baik. Kandungan asam ferulis dalam beras juga bisa mempercepat proses perbaikan kulit.

Baca Juga:  Scleroderma

Haluskan beras hingga menjadi bubuk lalu campur dengan susu atau air bersih sampai mengental. Oleskan wajah seperti memakai masker. Diamkan selama 15 -20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

5. Tomat
Mengonsumsi tomat baik untuk mengurangi dampak negatif dari sinar UV. Kandungan lycopenenya mampu mencerahkan kulit, memproduksi tabir surya alami kulit, dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Untuk mencerahkan wajah, parutlah tomat lalu tempelkan tomat yang sudah halus pada wajah seperti menggunakan masker. Tunggu sampai kering kemudian ulangi hingga tiga lapisan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Sumber: yahoo.com