Cara Alami Atasi Mata Panda

Doktersehat.com – Lingkaran hitam pada mata memang dapat mengganggu penampilan. Anda akan terkesan lebih tua dan tidak segar akibat warna gelap di area mata. Lingkaran hitam seperti mata panda ini bisa timbul akibat alergi make up, kelelahan, tidur yang tidak berkualitas, efek dari penyakit serta akibat paparan sinar matahari berlebihan. Untuk mencegah lingkaran hitam pada mata, Anda bisa mencoba tips berikut ini:



1. Air minum
Salah satu langkah yang paling penting dalam mencegah lingkaran hitam adalah minum 8-10 gelas air sehari. Meminum air minum yang cukup tidak hanya bermanfaat dalam mencegah lingkaran hitam, tetapi juga baik untuk menjaga kulit Anda agar tidak dehidrasi sepanjang hari

2. Timun
Timun diketahui memiliki manfaat untuk menghilangkan kantung mata dan menyegarkan penampakan kulit di sekitar mata, sehingga solusi tersebut bisa menjadi solusi instan apabila matamu terlihat sangat letih. Biasakan untuk menempatkan irisan ketimun dingin untuk mata Anda 2-3 kali seminggu. Biarkan selama 10-15 menit.

3. Kentang
Untuk membantu perubahan warna di area mata yang menghitam, bisa mencoba menggunakan masker dari kentang. Di dalam kentang terkandung enzim catecholase yang digunakan oleh banyak produk kosmetik untuk membantu menyamarkan lingkar mata yang menghitam, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba dari sumbernya langsung. Potong kentang yang sudah didinginkan di dalam kulkas agak tebal, dan bentuk sesuai dengan bentuk lingkaran bawah mata, sehingga mudah digunakan. Gunakan antara 15-30 menit, dan apabila potongan kentang yang digunakan terasa mulai panas, balik dan gunakan sisi satunya lagi.

4. Air mawar
Banyak cara lain untuk mengurangi efek lingkatan gelap pada bawah mata, salah satunya dengan meredam kapas di air mawar dingin lalu letakan di mata. Lakukan dengan posisi duduk dan santai selama 10 menit.

Baca Juga:  Keajaiban Air Embun

5. Kantong ekstrak teh
Kantung teh bekas bisa juga digunakan sebagai masker mata. Kandungan tannin yang terdapat di dalam teh bisa membantu mengurangi bengkak dan perubahan warna di sekitar area mata. Gunakan kantung teh yang sudah dipakai dan sudah didinginkan, dan gunakan sebagai masker mata selama kurang lebih 10-15 menit.

Kantung teh bekas tersebut bisa juga dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas malam sebelumnya, jadi pada saat ingin dipakai pada pagi hari, kantung teh bekas tersebut sudah dingin. Walaupun bisa menggunakan kantung teh jenis apa saja, disarankan untuk menggunakan kantung teh kamomil, karena disinyalir paling mujarab untuk permasalahan tersebut.

6. Tidur
Tidak heran bahwa tidur adalah saran yang diwajibkan untuk pemilik lingkaran mata hitam dan mata lelah. Masalah  ini biasanya dikarenakan faktor kecapekan dan kurang tidur. Seseorang yang kurang tidur, lama kelamaan akan memiliki lingkaran mata hitam yang permanen. Jadi, pastikan Anda menikmati waktu tidur setidaknya 7 jam setiap harinya. Jangan lupa untuk hasil yang maksimal, banyak minum air putih, makan buah – buahan segar dan sayuran.

Dari berbagai sumber