Cara Alami Atasi Kram Perut

DokterSehat.Com – Rasa nyeri dan kaku pada perut bisa tiba-tiba muncul saat beraktivitas, ini merupakan ciri dari kram perut. Kram perut bisa disebabkan oleh berbagai hal, yaitu bisa dari makanan, minuman, stres, bisa juga terjadi saat haids/ menstruasi. Selain itu kram perut juga bisa terjadi akibat telat makan dan lama berada di ruang AC. Jika Anda sering mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter, sebab kram yang sering terjadi pada perut bisa menandakan gejala awal dari penyakit seperti lambung, maag, masalah di kantung empedu, hernia atau organ lainnya.

doktersehat-sakit-perut-Polimenorea

Tips/ cara mengatasi kram perut dapat dilakukan langkah berikut:

• Minum air putih: Memperbanyak minum air putih saat perut terasa kram, karena air dapat mengurangi kadar asam di lambung. Juga mengurangi konsumsi kopi, teh dan minuman alkohol karena akan membuat rasa nyeri semakin bertambah.

• Ambil semua bagian tanaman kapulaga secukupnya dan air 1 gelas. cuci bersih semua tanaman kapulaga. Rebus air 1 gelas hingga mendidih, saring dahulu dan minum air rebusan selagi hangat.

• Dengan botol/ handuk air hangat: Suhu hangat dari air botol dapat membantu untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa nyeri akibat kram perut. Anda juga bisa mencoba meletakkan handuk hangat di perut.

• Dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit: Dapat juga dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol, untuk mengurangi nyeri kram perut. Tetapi, hindari mengonsumsi aspirin atau obat anti-peradangan lain, karena rasa nyeri bisa semakin bertambah.

• Mengonsumsi makanan hambar: Apabila kram perut muncul setelah mengonsumsi makanan tertentu, cobalah atasi kram perut dengan mengonsumsi makanan hambar. Seperti, nasi, crackers, pisang atau roti tawar hingga perut kembali normal.

Baca Juga:  Menikah Beda Rhesus Dapat Membahayakan Janin

• Mengubah kebiasaan makan: Cara efektif agar terhindar dari kram perut adalah mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas, makanan berlemak dan mengonsumsi minuman berkarbonasi. Makanlah secara perlahan dan kunyah makanan dengan benar agar sistem pencernaan bekerja dengan sempurna.