Cara Agar Miss V Selalu Bersih, Sehat Dan Wangi

DokterSehat.Com – Menjaga supaya vagina selalu dalam kondisi bersih, kering, dan bebas penyakit sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan area intim wanita ini?



  • Menjaga kebersihan miss v
    Hindari membersihkan miss V dengan menggunakan air panas, sabun batangan ataupun sabun cair. Lebih baik gunakan sabun dengan pH tertentu yaitu 3,5 – 4,5 yang fungsinya adalah mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak sehat serta memfasilitasi pertumbuhan bakteri baik.

    Menggunakan pembersih yang formulanya keras dapat mengganggu keseimbangan yang mengarah pada iritasi serta bau tidak sedap dari miss V.

  • Menggunakan semprotan feminin
    Aroma miss V bisa dijaga dari bakteri jahat, bebas infeksi serta aromanya tetap wangi dengan menggunakan semprotan feminin. Tidak harus dilakukan setiap hari, namun bisa dipakai saat membutuhkan saja.
  • Mengganti pembalut dengan rutin
    Cara lainnya adalah mengganti pembalut Anda dengan rutin. Umumnya saat sedang menstruasi, maka resiko infeksi miss V juga meningkat. Perubahan pH membuat lingkungan miss V jadi lebih lembab.

    Jangan menggunakan pembalut seharian penuh dan tidak menggantinya, karena bakteri bisa menyerang miss V dan membuat miss V jadi terlalu lembab hingga berjamur.

  • Membasuh dari belakang ke depan
    Ketika buang air kecil maupun besar, dianjurkan untuk membasuh organ intim dari arah depan ke belakang. Cara ini disarankan karena dapat mengurangi resiko meningkatkan iritasi atau terkena bakteri yang bisa dengan mudah masuk dari anus ke vagina.

Selain itu, tak lupa kami juga ingin mengingatkan Anda untuk selalu memakai celana dalam berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat dan kelembaban, serta tidak membuat area intim jadi terlalu basah.