Cara Agar Gigi Tidak Berlubang

DokterSehat.Com – Gigi yang sehat akan selalu didambakan oleh semua orang, jika kita malas merawat gigi dan senang mengonsumsi makanan bergula yang sekiranya dapat membuat gigi berlubang.



Masalah gigi yang sering dialami banyak orang adalah masalah gigi berlubang yang kadang sedikit mengganggu penampilan Anda. Penyebabnya sering kali dari kebiasaan Anda yang suka mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket. Masalah gigi berlubang ini juga banyak ditemukan pada anak dengan usia di bawah 12 tahun.

Selain itu, laman MeetDoctor.com juga menjelaskan bahwa kebanyakan dari mereka membiarkan giginya berlubang hingga membusuk. Jadi sudah terlambat saat ke dokter gigi karena infeksinya sudah dalam dan harus dicabut. Jika gigi sudah busuk dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi merupakan salah satu dari bagian sistem pencernaan. Bila ada gangguan, maka makanan tidak bisa dikunyah dengan baik sehingga lambung dan usus bekerja lebih keras.

Sebelum Anda mengalami masalah gigi berlubang, hendaknya Anda melakukan upaya pencegahan sebagai berikut :

  • Rajin sikat gigi sebelum tidur
    Kita semua tahu bahwa idealnya harus menyikat gigi dua kali sehari. Tapi kita sering merasa lelah atau mengantuk di malam hari lalu tidak sikat gigi sebelum tidur. Padahal sikat gigi menjelang tidur wajib dilakukan untuk menghilangkan sisa partikel makanan di mulut Anda yang dapat membusuk dan merusak gigi di malam hari.
  • Menggunakan sikat gigi berbulu
    Sebagian besar dari masyarakat banyak yang asal memilih sikat gigi. Padahal salah menggunakan sikat gigi saja bisa melukai gusi. Untuk itu para dokter gigi selalu memberi anjuran untuk menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut sehingga tidak melukai gusi Anda.
  • Teknik menyikat
    Orang sering menyikat gigi secara acak, mereka tidak mengikuti pola yang ditetapkan. Teknik yang benar adalah menyikat gigi dari atas ke bawah dan memutar. Menerapkan teknik yang salah bisa melukai gusi dan sisa makanan tidak hilang secara keseluruhan.
  • Hindari merokok
    Merokok adalah salah satu kebiasaan terburuk bagi kesehatan gigi Anda. Tembakau membuat gigi kuning dan juga menjadi penyebab gigi berlubang. Apabila aktivitas merokok tidak juga dihentikan maka plak akan terus menumpuk dan mengakibatkan karies pada gigi.
  • Stop menggunakan tusuk gigi
    Tusuk gigi yang berguna untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di antara gigi Anda. Tapi hati-hati menggunakannya. Jangan menusuk gusi Anda dengan tusuk gigi. Terlebih jika tusuk tersebut dalam kondisi yang tidak bersih. Selain itu jangan rutin memakai alat ini agar tidak terjadi perenggangan pada gigi.
Baca Juga:  Cara Alami Agar Bibir Merah Merona

Itulah cara anda agar gigi tetap terlihat sehat dan bersih, semoga dengan cara yang saya sampaikan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi anda, sekian dari saya dan terima kasih atas kunjungannya.