5 Camilan Sehat yang Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma

doktersehat semangka
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Kemandulan tidak hanya terjadi pada wanita saja, pria juga bisa mengalami kemandulan akibat kualitas spermanya yang menurun. Akibat penurunan kualitas sperma inilah pembuahan susah sekali terjadi. Banyak sperma tidak bisa menjangkau sel telur dan sudah mati saat melakukan perjalanan dari leher rahim ke rahim tempat sel telur berada.

Nah, untuk mengatasi masalah kualitas ini pria disarankan untuk meningkatkan semua aspek kriteria sehat pada sperma. Kalau aspek ini bisa naik, sperma bisa sehat dan pembuahan yang diharapkan oleh pasangan bisa berjalan dengan lebih cepat dan mudah. Untuk meningkatkan kualitas sperma, pria bisa memperbanyak camilan di bawah ini.

  1. Semangka

Camilan pertama yang bisa Anda santap untuk meningkatkan kesehatan dari sperma adalah semangka. Buah yang kaya air ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat selain mencegah dehidrasi adalah mengandung antioksidan yang cukup kuat. Kandungan antioksidan bernama likopen itu bisa menjaga tubuh dari radikal bebas.

Kalau tubuh mendapatkan manfaat yang besar ini, kondisi sakit dan gangguan kesehatan lain tidak akan terjadi. Selain itu kemungkinan masuknya radikal bebas yang bisa mengganggu produksi sperma juga bisa diturunkan. Pria akan selalu menghasilkan sperma terbaik yang membuat mereka semakin subur.

  1. Pisang

Ada dua kandungan dari pisang yang membuat pria bisa semakin subur dan memiliki sperma yang berkualitas. Kandungan pertama itu adalah enzim bromelin. Enzim ini bekerja sebagai agen anti peradangan pada tubuh. Pada sperma, enzim ini akan membuatnya semakin kuat dan mampu bergerak dengan lebih gesit lagi.

Kandungan kedua dari pisang yang sangat bermanfaat adalah vitamin A, B1, dan C. Ketiga vitamin ini bermanfaat untuk menjaga testis dari pria. Peradangan pada testis atau gangguan lainnya bisa dihindari sehingga pria bisa lebih sehat dan produksi sperma yang berjalan selama 2-3 hari bisa berjalan dengan lebih lancar.

  1. Cokelat

Cokelat hitam yang rendah gula juga meningkatkan kualitas sperma dalam hal jumlah. Mengonsumsi cokelat secara rutin bisa meningkatkan volume air mani dan sperma secara cepat sehingga kesuburan pria bisa meningkat. Selain itu, sperma juga dipercaya tingkatkan kemampuan seks dan orgasme.

  1. Telur

Kualitas sperma yang baik bisa dilihat dari pergerakannya juga. Kalau sekitar 50 persen total sperma per ejakulasi bisa bergerak dengan gesit, kesempatan terjadi pembuahan akan sangat tinggi. Selain itu, ada kemungkinan pembuahan berjalan dengan cepat dan sperma tidak mati di tengah jalan karena tidak mampu menjangkau leher lahir dan berlanjut ke rahim.

Telur mengandung cukup banyak protein yang bermanfaat untuk sumber tenaga. Sperma akan memiliki banyak bahan bakar untuk bergerak dan motilitasnya tinggi. Kalau sperma memiliki pergerakan gesit serta bentuknya utuh dan sempurna, kemandulan akan menurun dan pria bisa dengan mudah melakukan pembuahan.

  1. Kacang-kacangan

Kenari, hazelnut, dan almond adalah jenis kacang-kacangan yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas sperma. Kacang jenis ini mengandung omega 3, protein, dan antioksidan yang baik untuk memperbaiki tiga kriteria sperma berkualitas.

Sperma yang dihasilkan pria bisa banyak dan lebih dari 20 juta sel per mililiter, sperma dengan pergerakan cepat lebih dari separuh, dan bentuknya sempurna mulai dari kepala hingga ekor. Peningkatan kualitas sperma ini bisa terjadi setelah pria mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak segenggam selama 2 minggu.

Semoga ulasan di atas membantu kita semua dalam hal peningkatan kualitas sperma sehingga kehamilan bisa segera terjadi.