Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Mendapatkan penyakit diabetes bagi beberapa orang adalah sebuah bencana yang bisa membuat seseorang jatuh secara mental. Bagaimana tidak, penderita diabetes biasanya harus mengubah banyak sekali gaya hidup yang biasanya mereka lakukan dan harus melakukan berbagai pembatasan, baik dalam hal pola makan hingga kegiatan sehari-hari. Hal ini bisa sangat menyiksa karena mereka tidak lagi bebas melakukan banyak hal, khususnya dalam memilih makanan atau camilan yang bisa mereka makan. Sebenarnya, penderita diabetes juga bisa memakan camilan di kala waktu luang, lho. Berikut adalah beberapa camilan yang akan sangat coock dan aman bagi penderita diabetes.

doktersehat-detoks-detoksifikasi

Penderita diabetes biasanya akan mencoba mengurangi banyak makanan yang mengandung glukosa layaknya nasi. Hal yang sama berlaku untuk beberapa camilan, khususnya yang terasa manis dan cenderung enak. Well, biskuit gandum atau snack yang terbuat dari bahan gandum ternyata dianggap cukup aman bagi penderita diabetes. Gandum sendiri dikenal mampu membuat perut menjadi lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama. Camilan dari bahan gandum menurut pakar kesehatan juga bisa menurunkan kadar gula darah dan juga menekan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh. Hanya saja, biskuit gandum yang cocok bagi penderita diabetes adalah yang terbuat dari “tepung gandum utuh” atau yang memiliki keterangan “whole wheat fluor”. Sayangnya, dua butir dalam sehari adalah jumlah maksimum yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Buah-buahan juga akan menjadi pilihan camilan yang baik bagi penderita diabetes. Adanya kandungan serat dan nutrisi baik pada buah-buahan bisa sangat baik bagi tubuh. Sayangnya, penderita diabetes juga harus memilih buah mana yang cocok untuk kondisi kesehatannya mengingat ada banyak buah yang memiliki kandungan gula alami layaknya melon atau apel. Buah-buahan yang ditambah dengan sedikit irisan keju bisa menjadi camilan yang enak sekaligus sehat bagi penderita diabetes.

Baca Juga:  Mendeteksi Penyakit dari Wajah

Selain buah-buahan dan biskuit gandum, penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi yoghurt yang kaya akan nutrisi baik bagi tubuh. Pakar kesehatan sendiri berkata jika yoghurt mampu membuat kadar gula dalam darah tetap stabil sehingga akan sangat baik bagi penderita diabetes.