Rendah Lemak! Ini 4 Sajian Camilan Sehat untuk Lebaran

Sajian-camilan-sehat-lebaran-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Shari’s Berries

DokterSehat.Com– Lebaran tinggal menghitung hari! Selain persiapan fisik dan mental jelang hari raya, sudah menjadi kebiasaan kita untuk mempersiapkan camilan untuk disuguhkan di meja saat bersilaturahmi, ya. Nah, kira-kira apa nih camilan yang sudah Anda siapkan untuk lebaran esok hari?

Jika biasanya Anda menentukan sajian yang sudah umum, maka kini Anda bisa pertimbangkan untuk memilih sajian camilan yang super sehat.

Pentingnya memilih camilan yang sehat saat lebaran

Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian besar orang menjadi lebih banyak makan saat lebaran. Hal ini disebabkan waktu makan yang lebih bebas dan banyaknya sajian makanan yang tersedia.

Makanan utama saat lebaran sebagian besar adalah sajian makanan utama berbahan dasar protein hewani dan diolah dengan banyak lemak maupun santan. Maka dari itu hal ini akan menyebabkan asupan lemak dalam tubuh menjadi meningkat.

Di sinilah peran pemilihan makanan lain, selain makanan utama, harus dipilih dengan tepat agar bisa membantu mengurangi atau bahkan melunturkan kadar lemak dalam tubuh.

Nah, karena asupan lemak dari makanan menjadi harus dibatasi, maka pilihan makanan lain sebaiknya adalah makanan yang rendah lemak. Anda bisa menerapkannya dengan memilih sajian camilan yang rendah lemak.

Lalu, apa saja sih sajian camilan super sehat yang bisa dipilih untuk lebaran?

Ada cukup banyak sajian camilan yang bisa Anda pilih untuk membantu turunnya kadar lemak dalam tubuh, diantaranya adalah:

1. Kacang-kacangan

Sajian kacang-kacangan cukup umum disajikan saat lebaran tiba, ya. Kacang-kacangan bisa jadi pilihan yang sehat karena memiliki kandungan serat, protein nabati dan fitonutrien yang tinggi.

doktersehat-kacang

Hal ini akan mendukung penyerapan lemak dalam tubuh dari kadar serat dalam kacang-kacangan. Ada cukup banyak jenis kacang yang bisa disajikan, kacang tanah, kacang mede, atau kacang pistachio bisa jadi pilihan yang mudah diperoleh.

Agar asupan lemak bisa terkontrol, usahakan sajikan kacang dengan metode panggang sehingga penggunaan lemak lebih rendah.

Jangan lupa, pastikan agar konsumsi kacang tidak berlebihan. Satu porsi kacang adalah sebesar 40-50 gram yang setara dengan 3-4 sendok makan penuh kacang.

doktersehat-pistachio-kacang-sehat-diet
pic credit: thor

Selain kacang panggang, Anda juga bisa menyajikan kacang dalam bentuk segar, misalnya edamame rebus. Meskipun tidak seawet kacang panggang pilihan kacang rebus bisa jadi alternatif sajian kacang yang sehat.

2. Buah kering

Jika bingung menyajikan buah segar yang cenderung kurang awet sebagai sajian, maka buah kering bisa jadi pilihan sajian yang super sehat di meja saji saat lebaran tiba.

doktersehat-kismis-liver
Photo Credit: migle

Kismis, kurma atau buah prune bisa jadi pilihan sajian yang sehat saat ramadan. Kandungan gula alami yang ada pada buah akan memberikan rasa manis yang lebih sehat.

Selain itu, buah juga memiliki kandungan serat yang baik untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Pastikan Anda memilih buah kering alami tanpa tambahan gula, ya.

3. Biskuit atau krakers dari gandum

Biskuit dari gandum utuh bisa jadi sajian camilan sehat saat lebaran, lho.

doktersehat-cokelat-biskuit-cookies
pic credit: inna dee

Kandungan serat yang ada pada biskuit gandum bisa jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan peyerapan kolesterol dalam tubuh sehinggg kadar lemak dalam tubuh bisa berkurang.

4. Kue kering rendah lemak

Lebaran selalu lekat dengan sajian berbagai kue kering, ya. Nah, agar sajian kue kering Anda super sehat, maka usahakan selalu menggunakan mentega atau margarin yang rendah lemak.

Bahan-tambahan-kue-kering-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Phoebe

Usahakan memilih sajian kue kering dengan tambahan isi atau topping dari buah alami dan kacang-kacangan. Kombinasi sajian kue kering ini akan memberikan Anda asupan lemak yang rendah dan kaya akan kandungan serat.