Jelang Mudik! Ini 4 Camilan yang Harus Dipilih Ibu Hamil di Perjalanan

doktersehat-hamil-makan-cokelat

DokterSehat.Com– Hari raya lebaran sudah di depan mata. Persiapan apa saja nih yang sudah Anda siapkan? Selain persiapan fisik dan mental selepas puasa satu bulan penuh, satu hal yang identik dengan hari raya tentu saja mudik.

Ya, mudik memang menjadi salah satu momen khas yang seakan harus dilakukan. Hal ini kemudian menyebabkan beberapa kelompok usia, seperti ibu hamil haruslah mempersiapkan seglala sesuatunya dengan baik, termasuk menyiapkan camilan yang tepat selama diperjalanan.

Pentingnya memilih camilan yang tepat bagi ibu hamil saat perjalanan mudik

Camilan yang tepat selama perjalanan mudik menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan ibu hamil. Mengapa?

Seperti yang kita ketahui, selama kehamilan, sebagian besar kebutuhan gizi tubuh ibu meningkat. Memilih camilan yang tepat saat mudik dapat dijadikan salah satu kunci memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil yang sedang tinggi tersebut, belum lagi jika ibu hamil telah melakukan ibadah puasa penuh selama bulan Ramadan.

Pemilihan camilan yang tepat, tidak hanya dapat mendukung asupan gizi ibu, namun juga mampu mendukung suasana perjalanan yang lebih nyaman. Makanan atau camilan yang tepat juga bisa membuat rasa mual atau muntah berkurang, hingga dapat menciptakan rasa tenang dan rileks selama perjalanan.

Perlu diingat bahwa camilan yang tidak boleh dipilih ibu hamil saat melakukan perjalanan yang tidak menimbulkan bau atau rasa menyengat, camilan dengan banyak minyak atau camilan yang terlalu manis dan atau asin.

Lalu, apa saja pilihan camilan untuk ibu hamil yang sebaiknya disiapkan ibu hamil?

Camilan yang baiknya dipilih ibu hamil adalah camilan yang padat gizi, cenderung kering, tidak menimbulkan mual muntah,dan camilan yang bisa meningkatkan rasa rileks.

Penasaran? Yuk sama-sama kita simak di bawah ini, ya.

1. Cokelat hitam

Siapa sih yang tidak suka cokelat? Camilan yang satu ini tentu sangat cocok dikonsumsi ibu hamil selama melakukan perjalanan.

cokelat-dokrtersehat
Photo Credit: flickr.com

Cokelat utamanya cokelat jenis dark chocolate menjadi pilihan yang super tepat. Cokelat hitam bisa dikonsumsi langsung berupa batangan.

Hal ini membuat cokelat memiliki beberapa keunggulan yaitu mudah dibawa, tidak menyebabkan mual muntah, rendah gula dan bisa meningkatkan rasa nyaman dalam tubuh ibu, bukan?

2. Kacang-kacangan

Bingung memilih camilan apa lagi yang bisa dikonsumsi ibu selama mudik? Pilihlah kacang-kacangan yang padat gizi, vitamin, mineral, dan serat, yang semuanya merupakan zat gizi penting untuk ibu hamil.

doktersehat-kacang-almond-1024

Anda bisa memilih berbagai jenis kacang, mulai dari kacang kedelai rebus, kacang tanah, kacang hijau, kacang almond atau kacang edamame. Pemilihan kacang mengurangi rasa mual muntah selama perjalanan karena cenderung kering dan tidak berbau atau berasa yang menyengat.

3. Buah-buahan

Masih ada sisa kurma selama puasa? Jika iya, maka bawalah kurma sebagai teman perjalanan ibu hamil selama mudik. Kurma memiliki kandungan gizi hingga serat yang padat.

kurma-doktersehat
Photo Credit: flickr.com/Rcakewalk

Kandungan gula yang ada pada kurma juga memberikan asupan energi dari gula alami pada buah.

Selain kurma diolah dalam bentuk langsung, buah kurma bisa pula digunakan untuk kreasi makanan lain atau sebagai pemanis alami dari sari kurma untuk ditambahkan dalam minuman ibu selama mudik.

Akan tetapi, camilan buah untuk teman mudik ibu tidak harus melulu kurma, ya.

Buah lain yang tidak asam juga tetap bisa dipilih, baik diolah sebagai jus, salad atau sebagai buah potong, sama-sama super sehat untuk ibu hamil.

4. Minuman, air putih atau susu rendah lemak

Jangan lupa membawa bekal air minum. Pilihan minuman yang cocok dibawa ibu hamil saat mudik adalah air putih yang baik untuk menghidrasi tubuh.

Pilihan minuman lain yang padat gizi namun rendah gula adalah air kelapa muda. Selain itu, susu rendah lemak bisa dipilih, asalkan ibu hamil tidak merasa mual dan muntah selama perjalanan, ya.